Kirim Pesan Gratis Tanpa Koneksi Internet dengan Aplikasi FireChat

By on April 8, 2014
3. Kirim Pesan Gratis Tanpa Koneksi Internet dengan Aplikasi FireChat 1

Saat ini pengguna smartphone cenderung mencari aplikasi yang tidak membuat pundi-pundi uang mereka menipis dengan mendownload aplikasi gratisan atau aplikasi yang bisa dipergunakan tanpa harus memiliki koneksi internet atau koneksi data yang lain. Salah satu aplikasi yang gratis dan tidak menghabiskan data adalah aplikasi FireChat. Aplikasi ini bekerja tanpa menggunakan jaringan seluler baik jaringan voice maupun data sehingga sangat disukai oleh penggunannya.

FireChat ini mempunyai fungsi utama berkirim pesan seperti aplikasi messaging lainnya namun tanpa harus online. Pada mulanya aplikasi chat gratis ini sudah dirilis untuk iOS beberapa minggu yang lalu dan saat ini para pengguna android juga sudah bisa mendapatnya dengan gratis dari Google Play Store. FireChat untuk iOS berbeda dalam tampilan antar mukanya namun fungsi-fungsi yang ditampilkan sama persis.

Dengan aplikasi FireChat ini maka Anda bisa berkirim pesan secara offline dan juga anonim alias tanpa nama. Banyak pengguna aplikasi messaging menyukai fitur anonim ini dan mereka memanfaatkannya untuk berkirim pesan lucu-lucuan atau untuk hal lain. Teknologi yang dipergunakan dalam FireChat ini adalah framework Multipeer yang khusus dipergunakan pada iOS agar para pengguna bisa saling berkirim pesan. Sementara untuk versi android, maka teknologi  yang digunakan adalah Mesh Network.

aplikasi android, aplikasi ios, firechat, kirim pesan gratis, aplikasi

Menurut informasi yang dirilis oleh tech Crunch, framework aplikasi FireChat yang dibangun oleh Open Garden sebagai developer FireChat memiliki jangkauan sejauh 10 meter dan jangkauan tersebut akan semakin jauh jika ada banyak pengguna yang berada pada lokasi yang berdekatan dan saling terhubung. Oleh sebab itu jika Anda mempunyai teman 10 dan mereka berdiri berjajar maka Anda masih bisa mengirim pesan pada teman yang paling ujung yang jaraknya 100 meter dari Anda.

Namun untuk saat ini Anda jangan mengharap yang muluk-muluk karena di Indonesia belum banyak orang yang mempergunakan aplikasi FireChat ini untuk berkirim pesan. Mereka masih suka mempergunakan BBM dan juga Whatsapp serta aplikasi messaging yang lain  yang mempergunakan koneksi internet. Namun Anda bisa mengorganisir teman-teman Anda untuk mempergunakan aplikasi ini agar jangkauan semakin luas.

Selain itu Anda juga jangan berharap android Anda bisa berkomunikasi dengan iOS karena keduanya memiliki platform yang berbeda. Saat ini yang bisa dilakukan adalah komunikasi FireChat dengan platform sejenis. Namun tidak menutup kemungkinan jika suatu saat kedua platform ini bisa saling berkomunikasi satu sama lain dan juga tidak terbatas jarak yang hanya 10 meter saja.

Saat ini FireChat menjadi salah satu aplikasi yang paling laris di App Store dan tidak menutup kemungkinan jika FireChat juga menjadi salah satu aplikasi yang paling laris di Google Play Store dalam waktu dekat ini.

aplikasi android, aplikasi ios, firechat, kirim pesan gratis, aplikasi

BACA JUGA:

Berkirim Pesan Gratis Tanpa Iklan Dengan Telegram Messenger Android

Nikmati Update MotoGP 2014 di Smartphone Anda

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *