Kembalinya Aplikasi Kurban untuk Android

By on October 7, 2013
2.Kembalinya Aplikasi Kurban untuk Android2

Musim haji sudah tiba dan hal ini berarti bahwa umat muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia tengah bersiap untuk menyambut Hari Raya Idul Adha yang sering juga disebut Lebaran Haji. Kalau sudah membicarakan mengenai hari raya yang satu ini, hal yang tidak boleh dilewatkan dalam perayaan Idul Kurban ini adalah pemotongan hewan kurban yang menjadi ritual wajib bagi umat muslim yang mampu.

Banyak orang yang mulai berburu hewan kurban baik berupa kambing, domba, maupun sapi. Dengan permintaan hewan kurban yang sangat tinggi, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pula orang yang melihatnya sebagai peluang untuk berbisnis. Di sisi lain, ternyata momen perayaan Idul Adha ini juga menarik minat tiga perusahaan kreatif yang berkolaborasi untuk menggalakkan kampanye kurban di dunia maya. Pada momen Idul Adha sebelumnya, kampanye kurban online ini sudah meramaikan jagad maya, tetapi untuk momen Idul Adha tahun ini, ada beberapa perubahan yang muncuk termasuk dari segi game.

Ketiga perusahaan kreatif tersebut adalah Twip Studio, Badr Interactive, dan D!Yours HCD yang menawarkan aplikasi kurban berjuluk kampanye UrbanQurban untuk menyambut perayaan Hari Raya Kurban yang jatuh pada pertengahan Oktober 2013. Pada akhit September lalu, aplikasi terbaru untuk menyambut hari raya kurban untuk perangkat Android diperkenalkan oleh UrbanQurban. Game yang diusung masih seputar game memelihara kambing, tetapi ada beberapa sentuhan modifikasi yang dimunculkan dalam peluncuran game untuk Idul Adha tahun ini.

Menurut keterangan tertulis dari UrbanQurban, dalam aplikasi kurban yang ditawarkan untuk menyambut Idul Adha tahun ini, ada mini game berjuluk Farm Rush yang akan mengusung tokoh hewan yang identik dengan Idul Adha, kambing bernama Si Mbing. Dalam permainan tersebut, Si Mbing akan terbang untuk menghindari rintangan dan tidak lupa mengumpulkan bola untuk menambah poin.

Meskipun ada sedikit unsur petualangan yang ditawarkan dalam mini game tersebut, inti dari aplikasi kurban dalam bentuk game ini masih tetap berkaitan dengan proses pemeliharaan Si Mbing dari masih anakan hingga cukup umur dan siap untuk dipotong. Dalam mengurus Si Mbing, pemain perlu melengkapi diri dengan beberapa kebutuhan yang bisa dibeli dengan menggunakan poin yang diperoleh dari mini game.

Kampanye digital UrbanQurban secara cerdas menggabungkan momen Idul Adha yang kental dengan kegiatan ibadah umat muslim dengan kepedulian sosial dan kesenangan dalam bermain game yang sudah menjadi hal akrab bagi masyarakat urban. Dari game yang menyenangkan ini, pemain bisa bersenang-senang sekaligus belajar mengenai esensi kurban itu sendiri.

Selain menyediakan game, situs UrbanQurban.com juga membantu masyarakat untuk memesan dan mendistribusikan hewan kurban yang dikembangkan di peternakan yang berada di area Jonggol, Jawa Barat. Lokasi ini juga akan dijadikan sentra penyembelihan. Sementara itu, UrbanQurban tidak bekerja sendiri untuk mendistribusikan hasil pemotongan hewan kurban karena ada kerjasama dengan beberapa lembaga sosial lain.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *