Kelebihan dan Kelemahan Custom ROM Android

By on November 14, 2013
4.Kelebihan dan Kelemahan Custom ROM Android1

Salah satu alasan bagi pengguna Android untuk menginstal Custom ROM adalah karena performanya yang lebih baik. Custom ROM sendiri merupakan sebuah firmware dari pihak ketiga. Selain menghadirkan performa yang lebih baik, teknologi ini juga membawa beberapa fitur yang menarik. Memang, Custom ROM Android tampak menarik bagi Anda.

Tapi, sebenarnya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menginstalnya. Contohnya, Anda perlu bertanya pada diri Anda sendiri apakah perlu menginstal Custom ROM Android? Salah satu contoh yang mana Anda memang harus menginstal aplikasi ini adalah saat Android Anda masih dioperasikan dengan Ginger Bread sedangkan Anda ingin mengupgradenya menjadi sistem operasi Jelly Bean.

Di sisi lain, jika Android Anda sudah menggunakan sistem operasi Jelly Bean 4.1 maka Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi ini untuk mengupgrade ponsel Anda menjadi Jelly Bean 4.2 atau 4.3. Tapi, Anda tetap bisa melakukannya jika ingin beralih ke Jelly Bean 4.4 KitKat. Ada pula kasus dimana Anda ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan pabrik.

Jika Anda sedang memiliki maksud yang sama, Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini. Sebenarnya, Anda cukup melakukan rooting saja. Nanti, Anda bisa menghapus aplikasi tersebut melalui Root Explorer atau Titanium Backup. Pertimbangan lainnya adalah soal update dan fitur. Memang, aplikasi Custom ROM Android memberikan update dengan cepat ketimbang dari ROM bawaan pabrik.

Tapi, Anda perlu tahu bahwa beberapa fitur update tersebut kualitasnya tidak terlalu baik jika dibandingkan dengan ROM bawaan. Coba saja fitur musik dan kameranya yang tidak begitu memuaskan walaupun update. Pertimbangkan pula soal garansi Android Anda. Ini karena saat Anda menginstal Custom ROM Android maka garansi pada Android Anda akan otomatis hangus.

Itu artinya, saat terjadi masalah karena menginstal Custom ROM, Anda tidak akan bisa membuat klaim. Kabar baiknya, kemungkinan Custom ROM untuk merusak hardware sangatlah kecil. Jadi, jika terjadi masalah, Anda hanya cukup mencoba Custom ROM yang lain. Jangan lupa untuk memeriksa dukungan dari si pembuat Custom ROM.

Hal ini perlu menjadi perhatian khususnya jika Anda menggunakan Smartphone dengan Android tapi tidak terlalu populer. Akan sangat berbeda jika Anda menggunakan Smartphone yang populer seperti Nexus 4, HTC One atau Samsung Galaxy S4. Ini karena Smartphone populer semacam itu sudah mendapatkan banyak dukungan dari Custom ROM.

Waspadalah jika Smartphone Anda tidak populer atau lokal karena bisa jadi justru menginstal Custom ROM Android membawa banyak bugs dan masalah. Jika ada waktu, kunjungi terlebih dahulu forum-forum terkenal seperti XDA  sebelum Anda menginstal aplikasi ini. Dengan begitu Anda menjadi tahu apakah perlu untuk menginstal aplikasi Custom ROM atau tidak.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *