Kelahiran Line, KakaoTalk, WeChat dan WhatsApp

By on May 30, 2013
Kelahiran-Line-KakaoTalk-WeChat-dan-WhatsApp-1

Sebagian besar orang saat ini tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi IM bernama Line, KakaoTalk, WeChat dan WhatsApp. Namun tahukah Anda tentang kisah kelahiran aplikasi IM terkenal tersebut? Selain itu siapakah orang-orang dibalik berdirinya keempat layanan IM tersebut? Untuk aplikasi Line, aplikasi ini sebenarnya merupakan hasil karya dari perusahaan NHN Corporation yang berasal dari Korea Selatan.

Secara resmi Line diluncurkan pada tanggal 23 Juni 2011 oleh NHN cabang Jepang tepatnya setelah gempa bumi Jepang. Pada saat itu NHN Jepang menyadari bahwa kerusakan komunikasi di Jepang sudah sangat parah. Pada saat itu mereka menyadari bahwa layanan data akan berjalan jauh lebih efisien. Dari dasar pemikiran itulah akhirnya dibuatlah aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone, tablet dan desktop. Sedangkan untuk nama aplikasi Line sendiri itu semua terinspirasi dari antrean orang yang ingin menelepon di telepon publik pasca gempa bumi Jepang terjadi.

Kisah di Balik KakaoTalk dan WhatsApp

KakaoTalk juga merupakan aplikasi IM yang kini sedang naik daun. Aplikasi ini sebenarnya mulai diluncurkan pada 18 Maret 2010 oleh Kakao Corp yang merupakan perusahaan asal Korea Selatan. Pendiri perusahaan ini adalah Beom Soo Kim yang juga merupakan mantan CEO NHN Corporation. Meski telah diluncurkan sejak tahun 2010, KakaoTalk baru merambah pasar global pada Juli 2011 dengan mendirikan Kakao Corp cabang Jepang yang kemudian dikenal dengan nama Kakao Japan. Sama seperti Line, KakaoTalk juga menuai keuksesan di Jepang terutama setelah gempa bumi Jepang. KakaoHome merupakan produk terbaru dari aplikasi IM ini.

Pengguna WhatsApp saat ini juga semakin meningkat. Aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi besutan WhatsApp Inc yang didirkan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009. Kedua orang tersebut sebenarnya juga merupakan mantan pekerja senior di Yahoo. Ide awal WhatsApp muncul dari Jan Koum yang mempunyai ide untuk membuat satu aplikasi yang dapat membroadcast status meski orang tersebut dalam kondisi yang sulit untuk dihubungi. Saat itu ia mengajak Acton untuk bekerjasama. Pada awalnya aplikasi ini hanya menarik sebagian kecil orang. Namun setelah menambahkan fitur messaging aplikasi ini menjadi semakin populer.

Kisah di Balik WeChat

Kelahiran-Line-KakaoTalk-WeChat-dan-WhatsApp-2

WeChat merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Tancent Holding yang merupakan salah satu perusahaan IT raksasa di China. Proyek WeChat ini dimulai pada bulan Oktober 2010. Nama awal WeChat sebenarnya Weixin. Nama ini merupakan usulan dari Ma Huateng yang merupakan CEO Tancent. Namun pada tahun 2011 nama tersebut diganti menjadi WeChat. Hal ini dilakukan karena aplikasi ini akan disebarkan ke luar negeri. Jumlah pengguna WeChat pada bulan Mei 2011 baru sebesar 5 juta orang. Namun pada tahun 2011 jumlah penggunanya berkembang menjadi 50 juta pengguna dan meningkat menjadi 100 juta user pada bulan Maret 2012. Hingga kini aplikasi ini tersedia untuk platform Android, iOS, Blackberry, Windows Phone dan Symbian.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *