Kakao Talk VS Line

By on June 13, 2013
Kakao-Talk-VS-Line-1

Fenomena instant messenger memang telah mengubah cara orang dalam berkomunikasi. Meski aplikasi instant messenger bukanlah aplikasi yang baru muncul pada beberapa waktu belakangan ini, namun aplikasi ini kini menjadi semakin populer berkat kemunculan beberapa aplikasi instant messenger berbasis mobile seperti Kakao Talk dan Line. Usia kedua aplikasi IM ini memang masih terbilang muda. Namun pengguna kedua aplikasi tersebut sudah sangat banyak, banyak orang juga sering membandingkan Kakao vs Line Games. Bahkan jumlah penggunanya sudah mencapai jutaan orang. Namun dibalik kesuksesan kedua aplikasi IM ini ternyata tersimpan sejarah yang saling berkaitan.

Kelahiran Line

Kakao-Talk-VS-Line-3

Line adalah aplikasi yang dibuat oleh NHN Corporation asal Korea Selatan. Namun Line sendiri sebenarnya diluncurkan oleh NHN cabang Jepang pada tanggal 23 Juni 2011. Peluncuran aplikasi IM ini bertepatan dengan kejadian pasca gempa bumi di Jepang. Pada kala itu akses komunikasi di Jepang benar-benar mengalami masalah yang cukup serius. Hanya layanan data saja yang dinilai masih dapat berjalan dengan baik. Karena itulah Line diluncurkan. Pada awalnya Line hanya hadir untuk platform Android dan iOS. Namun seiring dengan perkembangannya, Line mulai melakukan ekspansi ke platform Windows Phone, komputer desktop dan Blackberry. Pada 2 Mei 2013, pengguna Line sudah menembus angka 150 juta, sehingga mereka berani beranggapan bahwa Line telah mengalahkan Facebook dan Twitter dalam jumlah penggunanya. Namun pasar terbesar Line adalah Negara-negara Asia. Meski demikian kabarnya Line juga akan melakukan ekspansi ke Amerika Serikat.

Kelahiran Kakao Talk

Kakao-Talk-VS-Line-2

Jika bertanya mengenai Kakao Talk vs Line siapa yang lebih dulu? Kakao Talk adalah jawabannya. Kakao Talk adalah aplikasi buatan Kako Corp yang merupakan salah satu perusahaan asal Korea Selatan. Aplikasi IM ini lahir pada 18 Maret 2010. Namun yang menarik dari Kakao Corp ini adalah pendirinya yang sebelumnya ternyata juga pernah menduduki posisi CEO di NHN Corporation yang merupakan perusahaan pembuat aplikasi IM bernama Line. Pada awalnya Kakao Talk memang hanya beredar di Korea Selatan saja. Baru pada bulan Juli 2011 Kakao Corp melakukan ekspansi ke pasar global dengan mendirikan cabang Jepang yang diberi nama Kakao Japan. Sama seperti Line, Kakao Talk juga menuai popularitas sejak kejadian gempa bumi Jepang. Pada saat itu aplikasi ini banyak digunakan bahkan ekspansinya semakin meluas ke pasar mancanegara.

Jika dilihat dari waktu peluncurannya, sebenarnya Kakao Talk memang hadir lebih dahulu. Usia Kakao Talk juga lebih tua dibandingkan dengan Line. Namun jika dilihat dari perkembangannya, tampaknya Line memang lebih unggul. Pada tahun 2013 ini saja pengguna Line sudah mencapai 150 juta orang. Sedangkan Kakao Talk masih berada di belakang Line dengan jumlah pengguna sebanyak 88 juta orang. Ini membuktikan bahwa perkembangan yang dialami oleh Line jauh lebih cepat dibandingkan dengan Kakao Talk. Meski demikian, kedua aplikasi IM ini memang semakin gencar mempromosikan layanannya. Bahkan perang media antara kedua aplikasi tersebut terlihat cukup sengit.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *