Heartbleed Bug di Game Online Anda

By on April 22, 2014
2. Heartbleed Bug di Game Online Anda1

Bermain game online sangatlah mengasyikkan, apalagi jika Anda bermain melawan pemain lain, baik teman Anda sendiri maupun pemain yang tidak Anda kenal. Bermain game online tidak mungkin tidak Anda harus mempunyai akun, baik akun untuk game itu sendiri maupun akun untuk membeli peralatan atau aksesoris yang Anda butuhkan untuk memenangkan game tersebut. Memang game online saat ini mengharuskan para pemain untuk melakukan transaksi secara online, baik untuk membeli kredit game, senjata, menaikkan level, membeli karakter, sampai membeli kostum superhero yang akan dipakai jagoan Anda di game tersebut.

Oleh sebab itu sudah bisa dipastikan bahwa Anda akan melakukan transaksi perbankan, baik mempergunakan akun PayPal ataupun dengan kartu kredit Anda. Nah, saat ini dunia internet sedang dihebohkan dengan adanya heartbleed bug, yaitu celah keamanan pada OpenSSL yang bertugas mengenkripsi segala transaksi yang membutuhkan enkripsi. Oleh sebab itu jika Anda tidak berhati-hati maka Anda bisa juga terkena dampak heartbleed, apalagi saat ini sudah tersiar kabar bahwa heartbleed sudah merambah ke dunia game online.

Berita ini mulai tersiar setelah pengembang game GTA 5 Online, yaitu Rockstar menganjurkan pada pemain game GTA 5 Online tersebut untuk segera mengganti password agar terhindar dari dampak heartbleed bug tersebut. Walaupun begitu, celah keamanan ini sedang berupaya untuk diperbaiki agar para pemain aman saat mereka mengakses akun game mereka.

heartbleed bug, online game, game online, hearbleed, android

Yang lebih mengkhawatirkan adalah jika efek heartbleed tersebut sudah menjalar ke platform atau web lain seperti web dimana para pemain mempergunakan login dan password mereka untuk mengakses transaksi online demi kepentingan game yang mereka mainkan. Oleh sebab itu pengembang game ini juga mengingatkan pada gamer agar segera mengganti password mereka yang dipergunakan untuk melakukan transaksi agar terhindar dari dampak adanya kebocoran sistem keamanan enkripsi tersebut.

Disarankan juga bahwa gamers dan semua orang tidak sembarangan mempergunakan password yang sama pada situs-situs yang tidak jelas atau situs-situs yang dicurigai belum melakukan patch terhadap celah heartbleed bug ini. Karena hal tersebut akan bisa dipergunakan oleh para pencuri data untuk melakukan pencurian data yang sensitif seperti pencurian data kartu kredit dan yang lainnya. Jika ini terjadi maka pencuri tersebut atau hacker akan bisa melakukan transaksi online seolah-olah Anda yang melakukannya. Dengan demikian maka Anda yang akan menanggung segala kerugian yang terjadi.

Jika Anda sudah mengganti password Anda, tidak berarti Anda sudah terbebas dari bahaya heartbleed. Yang perlu Anda lakukan untuk benar-benar aman adalah menjaga agar Anda tidak sembarangan untuk memasukkan login dan juga password Anda, serta tidak sembarangan mempergunakanya pada ponsel android Anda. Jika Anda hendak mempergunakan password Anda, maka pastikan web tersebut aman.

heartbleed bug, online game, game online, hearbleed, android

BACA JUGA:

Heartbleed Siap Infeksi Android Jelly Bean

Cek Android Anda Dari Heartbleed

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *