Hati-hati, Virus Ransomware Bisa Sebabkan Kematian

By on March 18, 2015
3. Virus Android Menyerang 2

Sekarang ini, virus tidak hanya bisa membunuh perangkat PC atau gadget Mobile anda, tapi lebih jauh lagi, virus sekarang sudah dibekali dengan kemampuan untuk membunuh pemilik gadget itu sendiri. Dia adalah Virus ransomware, sebuah virus yang diklaim akan membawa kerugian yang sangat besar bagi pengguna internet di seluruh dunia.

Berdasarkan keterangan Bogdan Botezatu, yang merupakan pakar keamanan internet, menyatakan jika ransomware merupakan sebuah ancaman nyata dan sangat besar untuk kehidupan dunia digital. Hal tersebut cukup ironis, karena justru senjata utama dari virus ini adalah, kemampuan untuk mengenkripsi data, yang justru awalnya ditujukan untuk melindungi data konsumen.

Dalam keterangannya, seperti dilansir dalam Techradar, Bogdan menyatakan jika kondisi ini sangat ironis, harusnya teknologi enskripsi diciptakan untuk membuat pengguna merasa aman dari ancaman dunia cyber di seluruh dunia. Tapi sebaliknya, dengan Virus ransomware, pelindung kita justru berubah menjadi ancaman yang sangat nyata.

Virus yang berbasis enkripsi tersebut kalau sudah menyerang gadget, dipastikan tidak hanya akan melumpuhkan gadget itu saja, akan tetapi akan langsung menguncinya dan mengambil alih semua kendalinya. Nah, kalau anda ingin membuka kunci tersebut dan bisa menggunakan smartphone anda seperti sedia kala, maka si hacker akan mengirim sebuah pesan yang intinya meminta tebusan.

Contoh Korban Virus Ransomware

Contoh Korban Virus Ransomware

Biasanya, Bogdan menjelaskan jika kebanyakan Hacker akan meminta tebusan uang berupa bitcoin. Lebih lanjut lagi, Bogdan menjelaskan kalau setiap harinya, ada sekitar 2000 Virus ransomware baru yang dibuat oleh si hacker ini. Dan celakanya, ternyata setiap ransomware ini diklaim unik dan berbeda satu sama lain. Dengan kata lain, keunikan Virus ransomware ini akan membuatnya susah diberantas.

Walaupun tidak sepenuhnya memberikan jaminan perlindungan secara penuh, tapi demi melindungi gadget dan PC anda dari serangan ransomware, sebaiknya mulai sekarang anda pastikan menginstal antivirus di perangkat gadget anda. Minimalnya, dengan adanya antivirus, diharapkan antivirus yang selalu update ini akan mengenali Virus ransomware dan segel melakukan upaya penghapusan.

Kalau hal tersebut terlambat dilakukan dan anda menganggapnya hanya ancaman biasa, maka akibat buruk bisa saja terjadi. Bahkan hingga sekarang, Bogdan menyatakan jika Virus ransomware ini sudah menyebabkan tiga orang meninggal. Ketiganya dicurigai sampai melakukan aksi bunuh diri karena tidak kuat dengan tuntutan para hacker.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *