Google Now Kini Telah Hadir

By on March 18, 2013
now-2

now-1

Teknologi smartphone memang semakin berkembang. Perkembangan ini tidak hanya terletak pada sisi hardwarenya saja. Sisi fitur dan aplikasi yang mampu mengoptimalkan kinerja ponsel juga semakin canggih. Bahkan kini juga telah muncul teknologi pengenal suara yang memungkinkan pengguna smartphone untuk mengoperasikan ponsel cerdasnya hanya dengan menggunakan perintah suara. Aplikasi asisten pribadi juga telah banyak bermunculan. Sebelumnya aplikasi seperti ini telah diperkenalkan oleh Apple melalui aplikasinya yang diberi nama Siri. Namun seakan tak mau kalah, Google juga mengeluarkan aplikasi yang memiliki kemampuan serupa. Aplikasi ini adalah Google Now yang akan muncul untuk memperkuat Android Jelly bean.

 

Asisten Pribadi Di Android Jelly Bean

Secara sepintas, Google Now tampak mirip dengan Siri yang merupakan aplikasi asisten digital pada iOS. Bedanya, Google Now dibuat dengan lebih personal dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Karena itulah, aplikasi ini disukai oleh para pengguna. Aplikasi Google Now menggunakan bahasa natural user interface. Karena itulah aplikasi ini sangat mudah dioperasikan dan ramah pengguna. Dengan bahasa tersebut, aplikasi ini dapat menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi serta melakukan tindakan dengan mendelegasikan permintaan untuk satu set layanan web. Aplikasi ini juga cerdas dan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna berdasarkan pada kebiasaan pencarian mereka.

Sebenarnya Google Now diimplementasikan pada aplikasi Google Search. Aplikasi ini mengenali perintah yang sering diulang oleh pengguna untuk memberikan informasi yang lebih banyak. Fitur ini juga sangat membantu pengguna untuk menemukan hasil pencarian yang lebih detail dan sesuai. Untuk saat ini aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik seperti public alert, traffic, cuaca, gmail events, gmail restaurants dan masih banyak lagi. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur segala aktifitasnya dengan lebih mudah.

 now-2

Kabar Google Now Muncul Di iOs

Menurut kabar yang beredar, Google Now juga akan muncul pada platform lain. Platform lain yang dimaksud itu adalah iOS besutan Apple. Bahkan informasi ini telah diunggah ke Youtube melalui video singkat. Namun entah kenapa video tersebut segera ditarik dari Youtube sehingga kini video tersebut tidak dapat diakses kembali. Berita ini tentunya cukup kontroversial. Jika Google Now akan muncul pada platform iOS, pastinya aplikasi ini akan menjadi pesaing Siri yang merupakan aplikasi besutan Apple. Jika dipikir secara rasional, tentunya hal ini justru terkesan seperti persaingan yang sengaja dilakukan oleh Google. Dan jika hal tersebut terjadi, ada kemungkinan pengguna Siri akan berkurang dan mulai beralih ke Google Now. Hal ini tentunya justru akan membuat Google menjadi semakin populer dan merajai aplikasi smartphone. Terkait dengan penarikan video Google Now di Youtube, mungkin ada kaitannya dengan upaya Apple untuk menekan peredaran Google Now di platform iOS.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *