Google Maps Versi Ringan Hadir Sebagai Solusi

By on November 14, 2015
2. Google Maps Versi Ringan Hadir Sebagai Solusi 1

Bila Anda pengguna gadget aktif dan sering bepergian, maka Anda pasti sudah tidak asing dengan aplikasi Google Maps. Akan tetapi, Anda pasti juga sering atau setidaknya pernah mengalami masalah saat mengakses Google Maps. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah proses menggunakan peta yang berjalan lambat, karena spesifikasi komputer atau gadget Anda yang tidak memadai.

Masalah diatas sebenarnya dapat diatasi dengan mudah dengan menggunakan versi Lite Mode yang sudah disediakan oleh Google. Untuk menggunakan versi ringan ini, Anda hanya perlu mengklik simbol Lite Mode pada aplikasi Google. Bila Anda mengklik menu pada aplikasi, yaitu simbol “tiga garis” pada pojok kiri atas, akan muncul tulisan “You’re in Lite Mode” yang artinya mode ini sudah aktif.

Mungkin Anda penasaran, mengenai perbedaan versi ringan ini dengan versi Google Maps saat ini. Sebenarnya, versi Lite ini merupakan Google Maps versi lama. Pada versi lama ini, belum ada banyak fitur yang Anda temui pada Google Maps terbaru. Mulai dari model 3 dimensi gedung dan area di peta hingga fitur pelacakan lokasi saat Anda menggunakan aplikasi ini.

Dengan menon-aktifkan berbagai fitur terbaru dari Google Maps, maka aplikasi ini akan dapat berjalan lebih ringan dan cepat. Sayangnya, dengan tidak aktifnya berbagai fitur ini, Anda yang benar-benar membutuhkan Google Maps untuk mencari arah dan tempat akan merasa kesulitan. Anda tidak akan dapat menggunakan fitur Drag Routes untuk mencari rute menuju tempat yang Anda tuju. Bahkan, posisi Anda saat mencari arah atau tempat juga tidak akan Anda ketahui.

Untuk beberapa orang yang terbiasa menggunakan peta biasa, versi Lite dari Google Maps ini tidak akan berpengaruh banyak bagi mereka. Akan tetapi, untuk mereka yang terbiasa menggunakan Google Maps terbaru, hilangnya beberapa fitur ini tentunya akan memberikan kesulitan untuk mereka. Hal inilah yang membuat banyak pengguna dalam kategori ini lebih suka menggunakan versi Full, meskipun prosesnya berjalan lebih lambat.

Untuk versi Lite ini, pihak Google dikabarkan memberikan perhatian penuh. Teknisi terbari dari Google bertugas mengembangkan versi ini agar dapat digunakan di semua perangkat yang terhubung dengan internet.

Untuk spesifikasi, sebenarnya Google Map versi Full tidak membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi. Komputer Anda hanya perlu memiliki GPU sekelas Nvidia GeForce 6100, yaitu GPU yang dirilis tahun 2005 yang lalu. Prosesor yang disarankan juga hanya berjenis Single Core 1.0 GHz dan RAM hanya 500 MB.

Tetapi, tentu akan lebih baik, bila Anda menggunakan komputer dengan spesifikasi lebih tinggi dari spesifikasi standar tersebut. Khususnya pada sektor RAM, yang mempengaruhi kelancara bernavigasi dan proses loading pada Google Maps.

Google Maps

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *