Google Luncurkan Pesaing WhatsApp

By on May 21, 2013
Google-Luncurkan-Pesaing-WhatsApp-1

Google-Luncurkan-Pesaing-WhatsApp-1

Saat ini aplikasi instant messenger memang sedang populer. Hal ini ditandai dengan banyaknya aplikasi instant messenger yang tersedia di smartphone. Dalam hal aplikasi instant messenger, tampaknya Google juga tidak mau ketinggalan. Meski sebelumnya telah memiliki Google Talk, Google+Messenger dan Google+Hangout Video, hal tersebut tampaknya tidak membuat Google merasa puas.

Kini Google juga mengembangkan aplikasi instant messenger yang dipercaya akan mengusik keberadaan aplikasi messenger lainnya termasuk bersaing dengan WhatsApp, yang merupakan aplikasi terpopuler di iTunes Store. Aplikasi tersebut bernama Hangouts. Sebenarnya aplikasi ini tidak sepenuhnya baru. Akan tetapi aplikasi ini akan menjadi proyek yang menggabungkan layanan messenger Google lainnya seperti Google Talk, Google+Messenger dan Google+Hangout Video sehingga mampu memberikan layanan yang lebih terpadu.

Ciri Khas Hangouts

Pasar aplikasi instant messanger memang sudah sangat mendunia. Ada begitu banyak aplikasi yang serupa. Sebut saja WhatsApp, Line, We Chat dan Facebook Messenger. Kesemua aplikasi tersebut pastinya akan menjadi pesaing Hangouts. Yang lebih menantang lagi, aplikasi-aplikasi tersebut sudah muncul sebelum hangouts diluncurkan. Hal ini tentu memberikan tantangan yang lebih berat bagi Google untuk mengambil alih dominasi aplikasi-aplikasi messaging tersebut. Untuk bisa bersaing dengan WhatsApp dan aplikasi lainnya, Hangouts memberikan beberapa fitur unik yang diharapkan mampu menggaet para pengguna aplikasi instant messenger.

Yang menarik dari Hangouts adalah tampilan aplikasi ini. Kebanyakan aplikasi instant messenger pasti menampilkan daftar kontak. Akan tetapi hal tersebut tidak akan Anda temui pada Hangouts. Pada Hangouts pengguna akan langsung dihadapkan pada daftar percakapan terbaru. Selain itu setiap percakapan juga dapat diberi nama. Hal ini tampak seperti apa yang telah ada pada messaging model chat room.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat memberikan tambahan label baik berupa gambar maupun emoji Google. Meski demikian, daftar kontak tetap tersedia pada aplikasi ini. Untuk menemukan daftar kontak, pengguna hanya tinggal menyapukan jari ke sebelah kiri layar. Selain itu aplikasi ini juga menyimpan semua percakapan di dalam jaringan cloud. Dengan demikian, setiap pesan maupun gambar yang diunggah melalui Hangouts tetap dapat diakses.

Google-Luncurkan-Pesaing-WhatsApp-2

Isu tentang Privasi

Google memang tengah dilanda isu terkait dengan privasi. Sebenarnya hal ini sudah berlangsung sejak lama. Akan tetapi dengan kemunculan beberapa produk terbaru Google, isu tersebut kembali menguat. Terkait dengan tersimpannya pesan-pesan maupun gambar yang diunggah melalui Hangouts, pengguna sebenarnya memiliki opsi untuk menghapus history. Hangouts juga memiliki keuntungan lain yakni kemampuannya untuk mengirimkan pesan meski orang yang dituju sedang tidak terhubung dengan internet.

Selain menawarkan layanan chatting, Hangouts juga menawarkan layanan video call. Bahkan layanan ini bisa diaktifkan secara bersamaan oleh 10 pengguna dalam satu waktu yang bersamaan. Bagi yang tertarik dengan aplikasi ini, Hangouts sudah tersedia untuk platform Android, iOS dan Desktop. Untuk memperolehnya pengguna hanya tinggal mengunjungi Google Play Store, iTunes App Store ataupun Chrome Store.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *