Google Kembangkan Aplikasi Terbaru untuk Pengguna dengan Keterbatasan

By on April 16, 2016
3.Google Kembangkan Aplikasi Terbaru untuk Pengguna Dengan Keterbatasan1

Google kembali dengan aplikasi terbaru mereka. Kali ini, Google meluncurkan aplikasi yang membantu penggunanya dalam mengoperasikan perangkat Android. Aplikasi tersebut mampu mengenali suara dan membantu penggunanya menemukan apa yang mereka cari.

Aplikasi milik Google ini diberi nama Voice Access dan saat ini masih dirilis dalam versi beta. Rencana dirilisnya aplikasi terbaru Voice Access ini dinyatakan oleh Eve Anderson selaku Manager of Accessibility Engineering.

Tujuan dibuatnya aplikasi ini tidak hanya untuk pengembangan semata. Lebih dari itu. Google Voice Access dibuat untuk membantu penggunanya. Nantinya, aplikasi terbaru ini bisa digunakan oleh pengguna yang mengalami kelumpuhan, tremor, cedera, atau lainnya sehingga tidak mungkin untuk mengoperasikan layar sentuh.

Tentu saja, Anda yang normal tetap bisa menggunakan aplikasi ini. Untuk menggunakan Google Voice Access sangat mudah. Anda hanya perlu mengoperasikan ponsel Anda melalui suara. Misalnya, Anda ingin membuka Chrome, maka Anda harus berkata “Open Chrome” sama halnya jika Anda ingin mengembalikan posisi aplikasi ke posisi normal, Anda harus mengucapkan “Go Home”.

Tidak hanya itu, Anda bisa mengoperasikan layaknya mengoperasikan layar seperti biasa hanya saja menggunakan suara. Misalnya, Anda ingin melihat aplikasi di halaman berikutnya, maka Anda bisa mengucapkan “Click Next”. Pun Anda bisa menggunakan kata “Scroll Down” untuk mengarahkan ke bawah.

Tentu saja, suara yang Anda ucapkan harus menggunakan bahasa Inggris. Lalu, bagaimana dengan tingkat akurasi dari hasil yang didapatkan? Kabar baiknya, Google sudah meningkatkan teknologi pengenalan suara tersebut.

Secara spesifik, Google mengembangkan sebuah kecerdasan buatan. Dengan teknologi kecerdasaan buatan tersebut, tingkat kesalahan Google Voice Access menurun hingga 50%. Kini, aplikasi terbaru ini sedang dalam tahap ujicoba.

Dengan adanya aplikasi ini, Google dapat menekan penggunaan perangkat dengan cara yang lebih sederhana. Aplikasi seperti ini bukan pertama kalinya ada pada perangkat teknologi. Sosial media seperti Twitter dan Facebook juga melakukan hal serupa.

Twitter misalnya memberikan teknologi deskripsi pada foto yang diunggah oleh penggunanya. Dengan begitu, foto tersebut bisa dibaca saat melihat layar. Sama halnya dengan Facebook yang juga menggunakan teknologi deskripsi foto.

Deskripsi foto tersebut sangat berguna bagi pengguna yang memiliki kendala penglihatan. Selain Google, Facebook dan Twitter ada pula Apple yang juga merilis teknologi untuk membantu pengguna yang memiliki keterbatasan.

Tidak tanggung-tanggung, Apple merilis sebuah teknologi yang disematkan pada iPad. Teknologi tersebut diklaim mampu membantu penderita autisme untuk berkomunikasi dengan orang lain. Informasi mengenai teknologi yang ada pada iPad tersebut disebarkan melalui sebuah video.

Intinya. semua pengembang aplikasi dan teknologi tersebut ingin membantu banyak pihak khususnya mereka yang mengalami keterbatasan. Dengan begitu, diharapkan mereka yang mengalami keterbatasan bisa menggunakan teknologi seperti layaknya orang normal.

Aplikasi Terbaru

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *