Google Akhirnya Sepakati Update YouTube di Windows Phone 8

By on May 25, 2013
Google Akhirnya Sepakati Update YouTube di Windows Phone 8-1

Persaingan antara Google dan Microsoft memang telah terjadi sejak lama. Bahkan beberapa waktu lalu, persaingan antara keduanya sempat semakin memanas karena update aplikasi YouTube yang dilakukan oleh Microsoft pada sistim operasi Windows Phone 8 mereka. Panasnya suasana terjadi karena Google tidak menyetujui peluncuran update tersebut. Google mendapati bahwa Windows Phone 8 memperbolehkan para penggunanya untuk mengunduh video lewat aplikasi update tersebut.

Bahkan para pengguna Windows Phone 8 juga bisa langsung memainkan video lewat aplikasi itu, padahal sebenarnya layanan tersebut diblokir untuk platform WP8. Akan tetapi, keduanya akhirnya menemukan sebuah kesepakatan lewat beberapa negosiasi. Dengan begitu, kini Google menyetujui update aplikasi YouTube di Windows Phone 8 yang dibuat oleh Microsoft dengan beberapa perubahan dari versi sebelumnya yang dianggap merugikan dan menyalahi ketentuan API (Application Programming Interface).

Keberatan Google atas Aksi Sepihak Microsoft

Beberapa hari setelah peluncurannya, Google pun langsung meminta agar Microsoft segera menarik update aplikasi YouTube yang dibuat sendiri oleh Microsoft tanpa seizin Google. Google sebelumnya juga telah memberikan tenggat waktu maksimal untuk penghapusan aplikasi tersebut dan juga untuk pemblokiran layanan download yang bisa diakses lewat aplikasi tersebut hingga pada tanggal 22 Mei 2013. CEO Google menyatakan keberatan terhadap aplikasi yang dibuat oleh Microsoft tersebut karena tampilannya justru memblokir iklan yang seharusnya ditampilkan pada tiap isi video yang dibuka.

Hal tersebut jelas sangat merugikan Google karena akan mengurangi pemasukan utamanya. Setelah menerima permintaan dari Google, pihak Microsoft pun langsung membuka ruang untuk mengadakan negosiasi. Mereka menyatakan bersedia mengikuti tuntutan Google untuk menampilkan iklan pada setiap isi video yang dibuka, namun Google juga harus segera memberikan akses untuk aplikasi tersebut.

Kesepakatan Update YouTube untuk WP 8

Google Akhirnya Sepakati Update YouTube di Windows Phone 8-2

Setelah melakukan serangkaian negosiasi, kesepakatan untuk update aplikasi YouTube pada Windows Phone 8 pun kini telah tercapai. Kedua rival kini tergabung dalam sebuah kerja sama untuk membuat aplikasi YouTube yang baru untuk WP 8 sehingga memenuhi syarat untuk penggunaan API secara resmi. Sesuai dengan syarat yang telah diajukan oleh Google, para pengguna WP 8 kini akan melihat tampilan iklan pada setiap isi video yang dibuka lewat aplikasi tersebut.

Aplikasi YouTube pada Windows Phone Store yang dibuat secara sepihak sebelumnya oleh Microsoft akan diganti dengan aplikasi YouTube yang dibuat oleh kedua perusahaan ini. aplikasi pengganti tersebut baru akan siap dalam beberapa minggu ke depan. Dalam hal ini, Microsoft sebenarnya juga memiliki alasan tersendiri sehingga berani nekad mengembangkan aplikasi YouTube secara sepihak. Mereka beralasan bahwa aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi bawaan. Mereka juga menduga bahwa Google selama ini memang sengaja tidak memberikan fitur penuh untuk akses API YouTube pada pihak ketiga.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *