Gaza Cybergang Kembali Tebar Virus Baru?

By on January 20, 2016
hacker-hire-sites

ClearSky Cybersecurity, yang merupakan sebuah perusahaan keamanan internet, baru-baru ini mengumumkan kepada media jika mereka telah berhasil menemukan sebuah virus atau malware baru, yang secara khusus diciptakan oleh Gaza Cybergang, sebuah grup hacker asal Gaza.

Walaupun belum secara pasti diketahui keberadaannya, Gaza Cybergang tersebut diklaim sudah terlahir sejak tahun 2012. Bahkan goup hacker ini pernah melancarkan beberapa kampanye hacking dengan serangan yang cukup mematikan, seperti XtremeRAT, DownExecute, dan MoleRAT.

Dan tahun 2016 ini, group hacker ini kembali terindentifikasi sedang mengembangkan sebuah malware baru dengan mengusung nama DustSky atau NeD Worm, dan sedang disebar melalui lewat email dengan target kawasan Israel, Irak, Uni Emirat Arab, Amerika, dan beberapa negara di Eropa.

Menurut ClearSky Cybersecurity, kelompok hacker ini berharap akan ada pejabat publik atau anggota pemerintahan yang terjebak email spam yang didalamnya sudah berisi lampiran bervirus tersebut, dan diharapkan virus itu bisa bekerja sesuai dengan keinginannya.

Tidak hanya email, seperti dilansir dalam Fossbytes, virus ini pun disebarkan lewat beberapa link download aplikasi palsu. Untuk metode yang ini, ClearSky Cybersecurity menyebutkan jika Gaza Cybergang khusus menargetkan para pengembang software.

Lebih lanjut lagi, ClearSky Cybersecurity menyebutkan jika beberapa link situs yang berisi virus DustSky kini sudah muncul di Freelance.com, yang merupakan situs khusus untuk mencari pekerjaan bagi para freelancer.

DustSky atau NeD Worm

Cara kerja virus ini sendiri cukup sederhana, ketika menginfeksi sistem, virus DustSky ini akan digunakan untuk mencuri password dari browser pengguna, kemudian mengambil screenshot perangkat, di mana didalmnya berfungsi juga sebagai pencuri data dan file dalam komputer.

Yang paling mengagumkan, ClearSky Cybersecurity menyebutkan jika virus ini cukup cerdik dan sudah dilengkapi dengan kode khusus yang akan membuatnya kebal terhadap upaya penghentian dari pakar keamanan internet, dan beberapa antivirus populer.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *