Flappy Bird Ditarik Kembali Oleh Dong Nguyen

By on February 11, 2014
2. Flappy Bird Ditarik Kembali Oleh Dong Nguyen 1

Bagi Anda yang saat ini sedang ‘gregetan’ bermain Flappy Bird, siap-siap untuk kecewa. Pasalnya pihak pengembang game Flappy Bird, Dong Nguyen, kabarnya akan menarik kembali game besutannya yang kini sedang ramai-ramainya dimainkan oleh jutaan pengguna perangkat Android dan iOS. Kabar ini bukanlah sekedar kabar, melainkan benar adanya. Dong Nguyen mengeluarkan pengumuman mengejutkan ini pada hari Sabtu 9 Februari 2014 kemarin melalui akun Twitter-nya. Dalam akun Twitter-nya, Dong Nguyen meminta maaf pada para pecinta Flappy Bird di seluruh dunia. Ia mengatakan bahwa para pengguna Flappy Bird tak bisa memainkan game yang menggemaskan ini setelah 22 jam sejak beredar pengumuman via akun Twitter Dong Nguyen. Alasan penarikan Flappy Bird ini juga cukup mengejutkan.

Dong Nguyen memutuskan untuk mencabut Flappy Bird karena menurutnya game ini telah mengubah kehidupannya. Ia merasa hidupnya yang sedari dulu sederhana kini telah rusak karena popularitas Flappy Bird. Ia tidak membenarkan isu penjualan Flappy Bird ke pihak lain seperti yang saat ini santer diberitakan. Ia juga menampik anggapan penarikan Flappy Bird karena adanya kasus hukum yang menimpanya.

Anggapan yang kedua yaitu soal kasus hukum memang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Flappy Bird sendiri memang terbilang sangat fenomenal. Bagaimana tidak, setelah beberapa hari dirilis, penggunanya sudah melonjak drastis. Game yang satu ini sungguh sangat populer.  Yang membuat kita semua heran adalah antusias pengguna Android dan iOS yang begitu besar dengan game ini. Dilihat dari gameplay dan segi grafisnya, Flappy Bird tergolong game yang sangat sederhana. Pemain hanya diminta untuk menerbangkan seekor burung kecil untuk memasuki celah-celah pipa selama dan sebanyak mungkin. Sangat sederhana, bukan?

flappy bird, dong nguyen, games, android, ios

Namun sayang, dibalik popularitasnya, Flappy Bird dianggap produk tiruan di mana tampilan game ini dianggap sangat mirip dengan sebuah game jadul yang dulu sangat populer, yaitu Super Mario Bros buatan Nintendo. Ada beberapa kesamaan antara Flappy Bird dan Super Mario Bros, diantaranya adalah bagian pipa yang berwarna hijau. Karakter burung pada game Flappy Bird juga dianggap meniru karakter ikan di game Super Mario Bross yang bernama cheep cheep. Kemudian kemiripan lainnya ada pada bagian gaya grafis dan backdrop-nya. Bahkan audio alias suara yang muncul pada saat burung melewati celah-celah pipa juga dikatakan sangat mirip dengan karakter Mario Bross saat berhasil mendapatkan koin.

Sebuah situs, Kotaku, menuliskan bahwa kemungkinan besar Dong Nguyen tak bermaksud menjiplak game Super Mario Bross dari Nintendo. Flappy Bird mungkin hanyalah bentuk protes atau sindiran halus untuk Nintendo yang tak kunjung juga mempublikasikan game-game besar untuk iOS. Atau mungkin karena Dong Nguyen membuat aplikasi game Flappy Bird hanya dalam waktu 3 hari saja.

flappy bird, dong nguyen, games, android, ios

BACA JUGA:

Sifat Candu Game Flappy Bird

Flappy Birds Siap Jangkiti Windows Phone

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *