Fitur Baru Facebook Buat Pesan Tiba-Tiba Menghilang

By on November 17, 2015
2. Fitur Baru Facebook Buat Pesan Tiba-Tiba Menghilang 2

Facebook tidak henti-hentinya memberikan kejutan untuk penggunanya. Yang terbaru, mereka meluncurkan fitur baru pada aplikasi Facebook Messenger. Fitur terbaru ini memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan secara otomatis.

Sebenarnya, fitur seperti ini sudah ada dan digunakan oleh berbagai aplikasi chatting lainnya, seperti BlackBerry Messenger dan Snapchat. Pada BlackBerry Messenger, pengguna dapat mengatur berapa lama pesan tersebut akan dapat dibaca dan terhapus dengan sendirinya. Sedangkan Snapchat menjadikan fitur ini sebagai fitur utama mereka, dimana video yang dikirimkan akan terhapus otomatis.

Pada Facebook Messenger, Anda dapat menemukan ikon baru pada pojok kanan kotak chatting Anda. Ikon baru yang dimaksud adalah ikon jam pasir. Bila Anda meng-klik ikon ini dan mengirimkan pesan chatting pada teman Anda, maka pesan tersebut akan terhapus secara otomatis dalam waktu 1 jam.

Tidak seperti BBM, Anda tidak dapat mengatur berapa lama waktu yang dibutuhkan agar pesan Anda terhapus secara otomatis. Meskipun begitu, fitur baru Facebook ini sudah cukup memberikan pengalaman baru dan kemudahan untuk pengguna aplikasi chatting dari Facebook ini.

Sayangnya, tidak semua pengguna Facebook dapat menggunakan fitur baru ini. Facebook saat ini masih menguji coba fitur barunya di Perancis saja. Tetapi, terdapat peluang besar bila fitur baru ini juga akan dapat dinikmati semua pengguna Facebook di seluruh dunia.

Sebenarnya, sebelum Facebook meluncurkan fitur baru ini, mereka juga meluncurkan beberapa inovasi baru. Seperti gambar profil pengguna yang dapat menggunakan gambar animasi pendek. Atau, fitur keamanan yang dapat memberitahu pengguna bila akunnya sedang diawasi hacker Pemerintah.

Langkah Facebook menghadirkan banyak hal baru ini dapat dilihat sebagai usaha mereka untuk tidak kalah bersaing dengan aplikasi chatting dan media sosial lainnya. Bahkan, fitur baru pesan yang dapat secara otomatis terhapus ini merupakan perwujudan usaha Facebook untuk bersaing dengan Snapchat.

Fitur yang juga dinamakan ephemeral message ini menjadi fitur unggulan dari Snapchat dan menjadikan aplikasi ini terkenal. Yang menarik, pihak Facebook pernah untuk mencoba mengakuisisi Snapchat dengan menawarkan uang sebesar US$ 3 juta atau sekitar Rp. 40 miliar.

Sayangnya, tawaran ini ditolak mentah-mentah oleh Evan Spiegel, CEO dari Snapchat. Mungkin karena hal ini pula, Facebook mencoba untuk membuat fitur yang hampir sama guna bersaing dengan aplikasi Snapchat.

Yang pasti, pengguna Facebook akan mempunyai banyak pilihan saat chatting menggunakan aplikasi Fcebook Messenger. Selain itu, fitur baru ini juga dapat dihidupkan maupun dimatikan sesuai dengan keinginan pengguna. Anda dapat bebas menentukan pesan mana yang akan terhapus secara otomatis saat Anda kirimkan ke teman atau pengguna Facebook lainnya. Namun, fitur ini hanya dapat digunakan pada pesan saja, tidak pada thread yang digunakan pengguna Facebook.

Fitur Baru

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *