Facebook Sisipkan Iklan Video 15 Detik

By on August 5, 2013
99.Facebook Sisipkan Iklan Video 15 Detik_1

Kehadiran Facebook memang telah berhasil menyedot perhatian banyak orang. Hingga kini jumlah pengguna layanan ini juga sudah sangat besar. Namun layaknya layanan gratisan lainnya, Facebook mengandalkan pemasukannya dari sektor iklan. Karena itulah Facebook menawarkan layanan pemasangan iklan dalam bentuk yang sangat beragam.

Sebelumnya iklan-iklan di Facebook umumnya memang disediakan dalam bentuk foto dan link untuk menuju ke situs tertentu. Akan tetapi tampaknya kini Facebook akan menambahkan jenis iklan yang akan ditampilkan melalui websitenya. Iklan ini nantinya akan berbentuk video berdurasi pendek yakni sekitar 15 detik. Meski informasi ini telah disampaikan oleh pihak Facebook sejak beberapa waktu yang lalu, iklan model baru ini tentu akan mengganggu kenyamanan pengguna.

Iklan Video di Facebook

Upaya Facebook untuk menyisipkan iklan berbentuk video pendek ini memang tidak lepas dari usaha untuk menambah pundi-pundi pemasukan Facebook. Untuk memperoleh layanan pemasangan iklan video ini pengiklan harus membayar hingga USD 2,5 juta per harinya. Jumlah ini memang sangat besar, akan tetapi mengingat traffic dan nilai dari Facebook, biaya tersebut memang tampak cukup sepadan.

Jika dibandingkan dengan iklan yang berbentuk banner atau link, iklan yang berbentuk video memang jauh lebih efektif dalam menyampaikan informasi dan memikat pembeli. Akan tetapi semua itu tetap saja bergantung pada penempatan iklan video tersebut. Jika iklan video tersebut tidak tampak dan tidak dilihat oleh pengunjung tentu iklan video tersebut tidak akan memiliki banyak pengaruh dalam mempengaruhi calon pembeli.

Antara Kenyamanan Pengguna dengan Pendapatan Facebook

99. Facebook Sisipkan Iklan Video 15 Detik_2

Langkah Facebook dengan cara menampilkan iklan berbentuk video ini memang akan sangat menguntungkan pihak pengiklan dan pihak Facebook. Bahkan dengan adanya layanan pemasangan iklan video tersebut diperkirakan Facebook akan memperoleh pendapatan dari sektor iklan sebesar USD 1,6 miliar. Angka ini merupakan angka yang sangat besar bahkan sekitar 88% dari total pendapatan Facebook. Jika strategi ini memang berhasil meningkatkan pendapatan Facebook, maka diperkirakan Facebook akan memperoleh kenaikan sebesar 61% dari kuartal yang sama dari tahun sebelumnya.

Jika dilihat dari sisi pendapatan, strategi ini memang tampak cukup efektif. Akan tetapi bagaimana dengan kenyamanan pengguna? Dalam beberapa hal, strategi ini tentu akan mengurangi tingkat kenyamanan pengguna dalam menggunakan layanan Facebook terlebih mengingat bahwa video tersebut akan ditampilkan pada newsfeed. Iklan video ini nantinya juga akan tampil secara autoplay, karena itu bisa dipastikan bahwa iklan video ini akan sangat membebani beberapa pengguna yang mengakses Facebook dari wilayah yang masih memiliki infrastruktur dan kecepatan internet yang rendah.

Sebenarnya saat ini Facebook telah memiliki model layanan pemasangan iklan video. Hanya saja model iklan video yang diterapkan masih belum mampu memikat para pemasang iklan. Di sisi lain, upaya Facebook dalam menyediakan layanan ini tampaknya dilakukan untuk menarik minat para pemasang iklan yang biasa memasang iklan di TV.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *