Facebook Siap Luncurkan Fitur Baru, On This Day

By on March 25, 2015
OnThis Day

Situs sosial media Facebook kembali memperkenalkan sebuah fitur baru untuk memanjakan para penggunanya. Fitur yang disebut dengan nama On This Day ini bekerja selayaknya aplikasi Timehop, yakni mampu bekerja untuk menampilkan nostalgia dalam situs sosial media penggunanya di masa lalu.

Sayangnya, hingga kini fitur On This Day ini sendiri masih belum bisa diakses di wilayah Indonesia. akan tetapi seperti di lansir dalam Tech Crunch, fitur On This Day ini sendiri akan diluncurkan secara global dalam beberapa hari ke depan, atau paling lambat dalam satu Minggu kedepan.

Setelah fitur ini resmi meluncur secara global, maka fitur On This Day bisa langsung diakses lewat menu Bookmarks Facebook kemudian Search, News Feed atau bahkan bisa langsung di akses melalui alamat https://www.facebook.com/onthisday.

Tidak hanya itu, Facebook juga dikabarkan akan memberikan notifikasi opt-in untuk aplikasi Facebook untuk para pengguna perangkat iOS, perangkat Android, mobile web serta PC desktop. Tentu saja aplikasi ini akan memudahkan para pengguna yang ingin terus bernostalgia dengan situ sosial media di masa lalunya.

Beberapa hal yang ditampilkan dalam fitur On This Day ini adalah, riwayat postingan status Facebook di masa lalu, baik itu berupa update status ataupun foto yang diunggah dalam rentang waktu tertentu sesuai dengan setting yang dilakukan oleh penggunannya.

On This Day

Untuk fitur foto sendiri, On This Day lansirdan Facebook ini akan dibekali dengan kemampuan menampilkan data sampai satu tahun yang lalu. Sedangkan untuk update statusnya sendiri, fitur On This Day ini sendiri dirancang untuk mampu menampilkan data selama empat tahun ke belakang.

Sayangnya, hingga kini pihak Facebook sendiri masih belum memberikan opsi pilihan untuk keluar dari layanan On This Day ini, tapi untuk hal tersebut, pihak Facebook secara tegas memastikan jika mereka sudah menanamkan sebuah algoritma khusus sehingga fitur On This Day tidak akan menampilkan kenangan buruk sesuai dengan keinginan si penggunanya.

Fitur On This Day ini sendiri sebenarnya sudah dimulai oleh Facebook sejak tahun 2010 lalu. Akan tetapi setelah perusahaan ini melihat kesuksesan Timehop yang memiliki 6 juta pengguna harian dalam perangkat mobile, sepertinya Facebook juga mulai tertarik untuk bisa memberikan layanan yang sama supaya penggemarnya bisa merasakan layanan yang maksimal dari Facebook.

Bagaimana menurut anda, apakah anda pikir fitur ini sangat membantu dan sangat diinginkan ataukah justru fitur ini membuat privacy anda lebih terganggu? Kita tunggu saja ketika fitur ini benar-benar resmi di rilis Facebook.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *