Facebook Merintis Fasilitas Pembayaran Online

By on August 16, 2013
15.Facebook-Merintis-Fasilitas-Pembayaran-Online-02

Facebook sebagai salah satu situs jejaring sosial terbesar dan terpopuler sepertinya terus berusaha berbenah dan menambahkan berbagai macam fitur agar tetap mampu bersaing dengan situs jejaring sosial yang lain. Persaingan meperebutkan pengguna setia dengan situs jejaring sosial lain serta kenyataan tutupnya beberapa situs jejaring sosial di masa lalu menjadi sebuah pelajaran penting untuk tetap bersaing dan menghadirkan inovasi – inovasi berupa layanan baru bagi pengguna Facebook.

Setelah perubahan tampilan, fitur mengunggah gambar di kolom komentar serta pembaruan fitur percakapan dan akan disisipkannya iklan video 15 detik, salah satu fitur layanan yang sepertinya akan segera di tambahkan oleh Facebook adalah fasilitas layanan pembayaran online pada situs jejaring sosial ini.

Layanan yang tengah dikembangkan dan berada pada masa pengujian ini akan memberikan fasilitas dan kemudahan bagi pengguna Facebook untuk melakukan transaksi aplikasi mobile dengan menggunakan sistem pembayaran yang terhubung dengan akun pribadi seorang pemilik akun Facebook.

Dari pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak Facebook, saat ini telah dilakukan beberapa proses pengujian terkait dengan pengembangan fitur pembayaran online di Facebook, namun pihak manajemen Facebook belum meberikan konfirmasi dan informasi mengenai kapan layanan baru tersebut akan ditambahkan dan dapat digunakan oleh pengguna Facebook.

15.-Facebook-Merintis-Fasilitas-Pembayaran-Online-01

Pihak manajemen Facebook menyatakan tidak memiliki target mengenai kapan layanan pembayaran online tersebut dapat ditambahkan pada situs jejaring sosial Facebook dan digunakan oleh para penggunanya.

Mekanisme layanan pembayaran online yang tengah diuji oleh Facebook akan memberikan layanan pembayaran berdasarkan informasi yang disimpan oleh seorang pemilik akun Facebook dan program layanan pembayaran akan melakukan pemeriksaan otomatis dan menjalankan proses transaksi yang dilakukan.

Pihak Facebook juga memberikan pernyataan bahwa layanan yang tengah mereka rancang tidak akan bertabrakan atau mengganggu proses dan sistem pembayaran elektronik secara online yang sebelumnya telah berjalan seperti PayPal. Saat ini Facebook memiliki hubungan yang baik dengan PayPal dan sebisa mungkin tidak akan mengganggu sistem pembayaran online milik PayPal yang telah beroperasi terlebih dahulu.

Pihak Cnet memberitakan bahwa situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg sepertinya lebih fokus untuk menyediakan layanan pengumpulan data kepada para pemasang iklan serta menjadikan fitur pembayaran online lebih sebagai media untuk mengumpulkan data mengenai kartu kredit dan informasi tagihan seorang pemilik akun Facebook ketika bertransaksi secara online menggunakan gadget tertentu sehingga tipe layanan pembayaran online yang dirancang oleh Facebook tidak akan menjadi pesaing bagi PayPal ataupun layanan pembayaran online lain yang telah terlebih dahulu beroperasi.

Kondisi tersebut sepertinya mengarah pada kerjasama pihak Facebook dengan penyedia layanan pembayaran online yang telah ada seperti PayPal, Braintree ataupun Strike dan bukan membuat layanan yang serupa dengan membuat versi lain dari PayPal yang berbasis pada layanan jejaring sosial yang sudah ada.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *