Facebook Mengumumkan Fitur Barunya, “Verified”

By on June 2, 2013
Facebook Mengumumkan Fitur Barunya Verified-1

Jejaring sosial memang masih menjadi tren dunia saat ini. Mungkin hampir setiap bulan muncul lebih dari satu situs jejaring sosial baru di dunia. Hal ini dikarenakan kepopulerannya, dan juga kebutuhan akan jejaring sosial yang meningkat setiap saat. Mungkin, setiap hari, lebih dari seratus akun baru dibuat di lebih dari sepuluh situs jejaring sosial. Di Indonesia sendiri, situs jejaring sosial yang masih menjadi raja adalah Twitter dan Facebook.

Jejaring Sosial Facebook

Facebook bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia. Hampir setiap hari masyarakat Indonesia mengunjungi situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Entah hanya untuk update status, melihat status teman, atau bagi mereka yang narsis-mania atau gila-foto, mereka pasti mengunjungi situs jejaring sosial tersebut hanya untuk mengupload foto dan menandai teman-teman mereka. Memang Facebook sekarang sudah menjadi semacam cara untuk mengekspresikan diri.

Bagi sebagian orang lagi, Facebook sudah menjadi gaya hidup mereka. Terutama bagi beberapa orang yang suka “memata-matai” orang lain. Mereka dapat dengan mudah mengakses kegiatan sehari-hari orang yang mereka mata-matai dengan membuka akun Facebook mereka. Atau, istilah gaulnya sekarang adalah kepo. Atau, bagi para penggemar fanatik, mengunjungi akun Facebook idola mereka mungkin sudah menjadi ritual wajib setiap hari. Akan tetapi para fans ini seringkali dibingungkan dengan banyaknya akun idola mereka di Facebook. Contohnya, ketika mereka mengetik “Bruno Mars” untuk mendapatkan akun asli Bruno Mars, mereka justru dibingungkan oleh banyaknya pages yang menamakan diri mereka sebagai Bruno Mars. Ada juga orang awam yang iseng-iseng menamai akun mereka sebagai “Bruno Mars”. Hal ini tentu saja cukup membingungkan.

Selain itu, pemilik akun asli seringkali juga merasa dirugikan akibat dari banyaknya akun-akun palsu yang muncul di Facebook. Terkadang para pembuat akun palsu ini memang sengaja membuat akun palsu dengan tujuan untuk mencemarkan nama baik si pemilik akun asli, dengan menulis hal-hal yang tidak menyenangkan.

Fitur Baru Facebook

Facebook Mengumumkan Fitur Barunya Verified-2

Baru-baru ini Facebook mengumumkan pihaknya baru saja membuat fitur baru, yaitu fitur “verified” atau fitur verifikasi. Fitur ini dapat digunakan sebagai cara untuk memperjelas keaslian akun-akun di Facebook. Fitur ini berupa tanda centang yang dilingkari oleh lingkaran berwarna biru. Tanda centang ini terletak di samping nama akun. Memang hampir sama dengan fitur verified di Twitter. Tidak semua akun akan mendapat status terverifikasi, hanya beberapa saja misalnya tokoh masyarakat, selebriti, jurnalis, merek-merek populer, dan pejabat pemerintah, serta beberapa akun yang sekiranya berisiko besar untuk dibuat akun palsu. Facebook juga mengklaim bahwa pemilik atau admin akun tidak perlu melakukan tindakan apa pun untuk mendapat tanda verifikasi. Tanda verifikasi ini akan diberikan Facebook secara otomatis.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *