Facebook akan Pantau Publikasi Berbau Kebencian

By on May 31, 2013
Facebook-akan-Pantau-Publikasi-Berbau-Kebencian-2

Situs jejaring sosial memang selalu dijadikan sebagai ajang eksis. Namun terkadang situs semacam ini juga sering dijadikan sebagai ajang untuk mempublikasikan hal-hal yang dirasa kurang penting. Lebih dari itu, terkadang situs jejaring sosial juga dijadikan sebagai media untuk mencaci-maki seseorang. Hal ini memang patut disayangkan, terlebih mengingat dampak buruk yang bisa muncul akibat hal tersebut. Penyebaran konten yang berbau kebencian tentunya tidak pernah diinginkan oleh siapapun.

Untuk itu, sebenarnya pemantauan terhadap hal semacam ini juga perlu diterapkan. Facebook tampaknya mulai peduli dengan hal ini. Bahkan Facebook dikabarkan ingin menghapus konten berbau kebencian melalui pemantauan dan penghapusan terhadap komentar maupun publikasi yang berbau kebencian terutama untuk hal-hal yang berhubungan dengan gender.

Desakan dari Women Action and the Media

Gagasan ini sebenarnya merupakan desakan dari salah satu kelompok yang bernama Women Action and the Media (WAM). Pada tanggal 21 Mei 2013 WAM menulis surat terbuka kepada Facebook dan mengatakan bahwa di Facebook ada beberapa member yang menyebarkan konten berbau kebencian terhadap perempuan. Tidak hanya itu saja, ada juga yang menyebarkan kontent berbau kebencian terhadap agama tertentu, ras tertentu hingga konten yang berorientasi seksual. Terkait dengan hal tersebut, Facebook diminta untuk memfilter komentar, publikasi ataupun halaman yang berkaitan dengan hal tersebut. Bahkan konten humor yang agak menyinggung juga diminta untuk difilter.

Terkait dengan desakan tersebut, Facebook menanggapi permintaan tersebut namun belum bisa menjanjikan sistem filter atau filtrasi yang sempurna. Hal ini dikarenakan sistem filter Facebook masih belum bekerja sesuai dengan harapan. Melalui blog resmi Facebook, pihak Facebook mengatakan bahwa pihaknya sudah bekerja selama beberapa hari untuk membuat suatu sistem filter yang baik. Namun hingga kini sistem tersebut masih belum bisa bekerja dengan baik. Meski demikian, Facebook akan terus berusaha untuk berbuat lebih baik.

Konten Berbau Kebencian Berpengaruh pada Bisnis Iklan Facebook

Facebook-akan-Pantau-Publikasi-Berbau-Kebencian-1

Menurut Reuters, konten yang dianggap melanggar secara etika ini dapat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis iklan di  Facebook. Para pengiklan tentunya tidak akan mau iklan di Facebooknya terpasang di samping konten yang tidak etis. Hal ini akan membuat iklan  di Facebook tersebut tampak buruk. Bahkan menurut MediaWeek dari Inggris ada sekitar 13 pemilik merk global yang menarik iklannya dari Facebook terkait dengan kasus ini. Tampaknya mereka melakukan hal tersebut karena mengindahkan kampanye yang dilakukan oleh WAM.

Jika hal ini terus terjadi maka kemungkinan jumlah merk yang menarik iklan dari Facebook akan bertambah semakin banyak. Untuk itu Facebook harus bekerja cepat agar tidak kehilangan sumber utama pendapatannya. Jika Facebook menerapkan sistem filter anti kebencian, pengguna Facebook juga bisa merasa aman. Konten yang tidak etis tidak akan bisa ditemui di Facebook, dan bagi mereka yang biasa mengunggah konten yang tidak etis, jangan harap bisa mengunggah publikasi ataupun komentar yang tidak pantas. Ini akan menjadi terobosan baru Facebook, setelah mereka baru saja memasukkan fitur akun verifikasi di situsnya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *