Dulu Jadi Harapan, Kini BB10 Bernasib Tragis!

By on February 29, 2016
BlackBerry_Enterprise_converted

Dulu, OS BlackBerry 10 sempat digadang-gadang akan menjadi juru selamat BlackBerry ketika perusahaan ini tengah mengalami masa-masa sulit. Tapi nyatanya, misi penyelamatan BlackBerry dengan BB10 ini gagal total. Bahkan perusahaan asal Kanada ini malah berbelok ke OS Android.

Tidak hanya itu saja, kemalangan OS BB10 pun kini bertambah dengan pengumuman pihak WhatsApp yang akan memutuskan dukungan untuk OS BB10, bersama OS Jadul lainnya, seperti Symbian, Nokia dan OS Android versi lawas.

OS BB10 sendiri pertama dirilis pada tahun 2012 bersamaan dengan peluncuran smartphone pertamanya, yakni BlackBerry Z10. Ketika itu, perusahaan ini masih dipimpin oleh lama mereka, yakni Thorsten Heins.

Berbeda dengan sistem operasi lainnya, BB10 benar-benar hadir dengan mengandalkan fitur layar sentuh. Dengan update ini, mau tidak mau smartphone dengan OS BB10 tidak akan memiliki tombol navigasi fisik khas handset BlackBerry.

Ketika itu, BB10 bersama dengan beberapa perangkat lainnya, diharapkan bisa membawa nama BlackBerry ke puncak popularitasnya. Tapi nyatanya, misi Heins gagal total, bahkan BlackBerry semakin tenggelam dalam keterpurukan.

Android Jadi Penyelamat

Ditengah gencarnya kabar kebangkrutan BlackBerry, John Chen, CEO baru BlackBerry mengambil langkah drastis. Ditangan Chen, perusahaan asal Kanada ini lebih terbuka dan realistis, dimana dia langsung berpaling ke sistem operasi Android dengan diluncurkannya BlackBerry Priv tahun kemarin.

Penjualan Priv pun meroket, bahkan lewat penjualan perangkat ini, BlackBerry bisa kembali bernafas lega dan ancaman kebangkrutan pun sedikit demi sedikit mulai menjauh. Bahkan Chen berencana untuk menghadirkan Passport versi Android dan beberapa perangkat dengan OS Android lainnya.

zq10

Kondisi ini semakin membuat BB10 terabaikan. Bahkan dimulai tahun 2017 mendatang, pengguna perangkat BB10 terancam tidak akan bisa menikmati layanan WhatsApp lagi. Kondisi ini pun semakin membuat OS terbaru BlackBerry tersebut semakin terasingkan.

So, bagaimana menurut anda? Apakah dengan adanya serangkaian kabar ini akan membuat BB10 berakhir dengan tragis? Kita lihat saja nanti!

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *