Dengan Islandwood, Porting Aplikasi Hanya Butuh 5 Menit Saja?

By on February 12, 2016
Islandwood Microsoft1

Porting aplikasi antar platform perangkat mobile ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Bahkan untuk melakukan ini, anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Hal ini pun dibuktikan oleh seorang developer bernama David Burela, dimana David hanya butuh waktu selama 5 menit saja untuk menyulap aplikasi iOS menjadi aplikasi Universal Windows Platform (UWP).

Untuk melancarkan aksinya ini, David hanya menggunakan Project Islandwood, yang merupakan salah satu software besutan Microsoft untuk bisa memporting aplikasi ke dalam platform Windows. Sedangkan untuk objek pembuktiannya sendiri berupa game iOS bernama Canabalt.

Dilansir dalam Business Insider, David menyebutkan jika Islandwood merupakan alat yang cukup keren. Denga hanya beberapa sentuhan saja, anda kini bsia menggunakan aplikasi yang sebelumnya tidak support untuk Widowns, bisa langsung support hanya dalam waktu 5 menit saja.

Alternatif nikmati aplikasi versi sendiri

Lanagkah yang dilakukan David ini cukup mengesankan. Bagaimana tidak, ketika kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun sebuah aplikasi, dari mulai proses pengumpulan materi, proses membangun, ujicoba dan sebar luas, kita justru bisa mengubah aplikasi tersebut hanya dalam waktu 5 menit saja.

Cara ini pun diklaim akan mampu membuat Windows Phone bisa bersaing dengan OS populer lainnya, seperti Android dan iOS. Pasalnya jumlah aplikasi kedua perangkat tersebut tergolong lebih banyak ketimbang aplikasi Windows Phone.

Untuk menyiasati hal ini, Microsoft kemudian meluncurkan sebuah tool dengan nama Islanwood. Dan kini, dengan aplikasi tersebut, anda tidak perlu lari ke OS lain, seperti Android atau iOS, hanya demi menikmati aplikasi tersebut.

Islandwood Microsoft

Tidak hanya itu, Islanwood pun bisa digunakan para developer untuk membuat aplikasi windows phone lebih banyak lagi. Kini, mereka bisa membangun aplikasi dengan hanya hitungan menit saja, dan kemudian mempublikasikannya ke dalam toko aplikasi Microsoft.

Menurut anda, apakah islanwood ini akan menjadi solusi bagi Microsoft yang banyak ditinggalkan karena terbatasnya jumlah aplikasi? Kita lihat saja nanti. Yang jelas, jika alasannya aplikasi, sepertinya aplikasi Islanwood ini layak untuk dijadikan sebagai solusi.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *