Demi Keamanan, Twitter Terapkan Keamanan Ganda

By on May 24, 2013
Demi-Keamanan-Twitter-Terapkan-Keamanan-Ganda-1

Sebagai salah satu situs jejaring sosial terbesar di dunia, Twitter juga tidak lepas dari masalah-masalah keamanan yang biasa menghantui. Banyak pihak yang berusaha untuk menjebol keamanan Twitter dan mencuri akun pengguna lain. Bahkan kasus pemalsuan akun Twitter juga banyak terjadi. Untuk menanggulangi masalah keamanan semacam ini, Twitter tampaknya akan memberlakukan sistem keamanan ganda pada login Twitter. Meski sebelumnya berita ini baru sekedar rumor belaka, kini situs jejaring sosial yang didirikan oleh Jack Dorsey ini benar-benar serius akan menerapkan opsi tersebut.

Sistem Autentikasi Canggih

Untuk mengatasi masalah keamanan terkait pembobolan akun, sistem autentikasi yang baik adalah kunci utama untuk mengatasi permasalahan ini. Pada sistem autentikasi terbaru yang dikembangkan oleh Twitter, proses login tidak hanya sebatas memasukkan username dan password saja. Proses sistem autentikasi ini juga akan ditambah dengan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke ponsel pemilik akun. Jika pihak yang login itu memang merupakan pemilik akun tersebut, tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah. Dengan sistem keamanan ini, proses verifikasi dapat berjalan dengan lebih optimal dalam memberikan perlindungan kepada user.

Berita ini resmi diumumkan oleh Twitter melalui salah satu situs berita teknologi yakni Softpedia. Dalam situs tersebut Twitter menyatakan bahwa pihaknya akan memperkenalkan fitur keamanan baru yang diharapkan dapat melindungi akun Twitter para pengguna dengan lebih baik. Sistem ini diberi nama login verification. Sistem autentikasi ini adalah verifikasi berlapis.

Saat pengguna login ke situs Twitter.com, akan ada pengecekan kembali untuk memastikan apakah yang mengakses akun tersebut memang benar-benar sang pemilik akun. Akan tetapi tampaknya fitur ini merupakan opsi tambahan yang bisa diambil ataupun tidak diambil. Pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan fitur ini atau tidak. Jika mereka ingin cara yang ringkas, mereka bisa memilih untuk tidak mengaktifkan fitur ini. Akan tetapi bagi mereka yang benar-benar membutuhkan pengamanan akun yang lebih baik, mereka bisa memilih untuk mengaktifkan fitur ini.

Mengaktifkan Fitur Login Verification

Demi-Keamanan-Twitter-Terapkan-Keamanan-Ganda-2

Mengaktifkan fitur login verification ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke halaman Account Setting pada Twitter kemudian memilih “Require a verification code when I sign in”. Saat Anda mengaktifkan fitur ini, maka Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel dan alamat email Anda. Jika sudah selesai, maka fitur login verification tersebut akan terpasang pada akun Twitter Anda.

Cara kerja dari sistem login verification ini tampak cukup sederhana. Saat pengguna akan login ke akun miliknya, pengguna akan dihadapkan pada menu login biasa. Setelah memasukkan username dan password, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh pihak Twitter ke nomor ponsel pengguna. Nomor verifikasi inilah yang nantinya digunakan untuk memastikan apakah yang login ke akun tersebut memang orang yang memiliki otoritas atau tidak. Verifikasi ini sebenarnya bukan jenis verifikasi yang baru. Beberapa situs seperti situs money prosesor juga telah menerapkan verifikasi model ini. Namun dengan sistem ini pengguna tentu bisa merasa lebih aman dari gangguan peretas.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *