Cara Xbox One Menghindari Pembajakan

By on May 24, 2013
Cara-Xbox-One-Menghindari-Pembajakan-2

Pembajakan memberikan kerugian yang sangat besar kepada banyak vendor. Dalam dunia game juga demikian. Banyaknya pembajakan membuat keuntungan vendor game menurun drastis. Butuh penanganan cerdas untuk mengatasi permasalahan ini. Hal ini tampaknya juga sangat dikhawatirkan oleh Microsoft selaku pengembang konsol game bernama Xbox.

Untuk itu, Microsoft berupaya keras agar Xbox One besutannya dapat terhindar dari pembajakan. Lantas bagaimana cara Microsoft menghadang pembajakan? Salah satu cara yang ditempuh oleh Microsoft adalah dengan mengubah cakram game dari DVD menjadi Blu-ray. Namun bukan hanya itu saja, Microsoft juga menanamkan teknologi yang unik untuk memaksa semua Blu-ray sehingga hanya mampu dijalankan oleh satu akun Xbox One saja.

Semakin Aman dengan Sistem Satu Blu-ray untuk Satu Akun Xbox One

Untuk memainkan game Xbox, pengguna kini menggunakan teknologi Blu-ray. Akan tetapi teknologi ini sebenarnya hanya berfungsi untuk instalasi game ke dalam sistem saja. Blu-ray ini hanya bisa digunakan satu kali untuk satu akun. Akan tetapi setelah proses instalasi selesai, pengguna dapat memainkan game melalui sistem yang sudah tersimpan di dalam Harddisk.

Jadi pengguna tidak memerlukan Blu-ray lagi. Di sinilah penerapan prinsip satu blu-ray untuk satu akun xbox bekerja. Game yang sudah terinstall pada konsol Xbox One akan langsung terdaftar ke akun pengguna Xbox One tersebut. Dengan demikian akun lain tidak akan bisa memainkan game hasil instalasi yang berasal dari Blu-ray yang sama. Hal ini tentunya akan membuat para pembajak merasa kesulitan untuk menggandakan file permainan tersebut.

Meski demikian bukan berarti game yang sudah terinstall pada satu Xbox One tidak bisa dimainkan di Xbox One yang lain. Pemilik Blu-ray masih dapat memainkan game yang telah ia install ke akunnya melalui konsol Xbox One lainnya. Syaratnya pengguna harus login ke akun Xbox Live miliknya. Setelah itu barulah ia dapat memainkan game yang telah ia install ke dalam sistemnya.

Xbox One akan Segera Diluncurkan ke Publik

Cara-Xbox-One-Menghindari-Pembajakan-1

Xbox One sebenarnya sudah resmi diperkenalkan oleh Microsoft tepatnya pada konferensi pers yang diselenggarakan pada Selasa tanggal 21 Mei 2013 siang waktu Redmond, Amerika Serikat. Dalam konferensi pers tersebut Microsoft mengatakan bahwa Xbox One tidak seperti konsol game tradisional. Konsol ini akan menyediakan semua kebutuhan hiburan untuk pengguna.

Selain berfungsi sebagai konsol game, Xbox One juga dapat digunakan untuk menonton acara televisi, menggunakan layanan internet bahkan berkomunikasi. Untuk komunikasi sendiri Xbox One menyediakan layanan Skype yang bisa dijalankan melalui konsol ini. Saat ini produk ini memang belum resmi diluncurkan ke end user dan baru akan diluncurkan sekitar akhir tahun 2013. Akan tetapi ada beberapa toko ritel yang sudah membuka pemesanan Xbox One. Untuk harganya sendiri diperkirakan Xbox One akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 6 juta. Salah satu game yang sudah dipersiapkan untuk Xbox One adalah Call of Duty Ghost.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *