Cara Scan Virus Online Tanpa Membebani Perangkat dengan Antivirus

By on December 25, 2013
5. Cara Scan Virus Online Tanpa Membebani Perangkat dengan Antivirus1

Menjaga gadget dari serangan virus tentu menjadi kewajiban bagi setiap pengguna gadget dan menginstall antivirus bisa menjadi salah satu cara melakukannya meskipun cara tersebut bisa cukup merugikan karena bisa membebani kinerja sistem operasi pada gadget. Alasannya yaitu karena antivirus senantiasa aktif dan akan selalu memantau seluruh sistem operasi serta data yang tersimpan. Jika Anda ingin gadget Anda bersih dari virus namun Anda tidak ingin terlalu membebani kinerja sistem operasi gadget Anda, solusi yang bisa Anda ambil yaitu melakukan scan virus online untuk melindungi gadget Anda dari virus. Berikut adalah cara scan virus online yang bisa Anda lakukan untuk membuat gadget Anda bersih dari virus tanpa harus membebani kinerja sistem operasi gadget Anda.

Menggunakan Bitfender Quickscan

Untuk melakukan scan virus secara online pada gadget Anda, cara pertama yang bisa Anda cobalakukan yaitu dengan menggunakan Bitfender Quickscan yang merupakan scan virus online yang memanfaatkan in-the-cloud scanning technology. Fungsi dari scan virus yang satu ini yaitu untuk mendeteksi virus serta spyware pada sebuah sistem dan untuk melakukan scan virus dengan scan virus online ini, Anda tinggal mengujungi situsnya kemudian meng-klik Free Scan Now. Pertama kali Anda menggunakan Bitfender Quickscan, Anda akan diminta untuk menginstall ekstensi di browser Anda dan setelah Anda mengikuti petunjuk yang ada, akan terdapat ikon pada browser Anda dan Anda bisa menggunakan ikon tersebut untuk mengakses Bitfender Quickscan. Bitfender Quickscan sendiri berfungsi dengan baik pada browser seperti Mozilla Firefox dan Goggle Chrome namun tidak bisa bekerja pada browser Internet Explorer.

antivirus

Menggunakan Symantec Security Check

Selain menggunakan Bitfender Quickscan, cara scan virus online lain yang bisa Anda coba yaitu menggunakan Symantec Security Check yang merupakan produk dari Symantec, perusahaan yang memproduksi Norton antivirus. Produk ini menawarkan dua tipe keamanan yaitu Security Scan serta Virus Detection dimana Security Check dapat mendeteksi apakah perangkat Anda sudah amanuntuk menjelajah internet sementara Virus Detection akan mendeteksi virus yang ada di perangkatAnda. Tidak seperti pada Bitfender Quickscan, Anda tidak perlu menginstall ekstensi untuk bisa memulai scan virus secara online menggunakan Symantec Security Check.

Sementara itu, jika Anda ingin menggunakan fitur Virus Detection pada produk dari Symantec tersebut, Anda mungkin harus beralih ke Internet Explorer versi 5,0 atau versi yang lebih tinggi karena Virus Detection tidak bekerja di Mozilla Firefox dan Google Chrome. Selain itu, untuk bisa menggunakan fitur Virus Detection di Internet Explorer, Anda mungkin juga harus menginstall beberapa ekstensi yang merupakan syarat proses scan tergantung dari versi Internet Explorer yang Anda gunakan. Singkat kata, jika Anda ingin melakukan scan pada perangkat Anda secara online dan agar tidak membebani kinerja sistem operasi perangkat Anda, ada dua cara scan virus online yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan Bitfender Quickscan atau menggunakan Symantec Security Check.

antivirus

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *