Browser Internet Paling Populer Di Indonesia

By on July 12, 2013
Browser-Internet-Paling-Populer-Di-Indonesia-1

Internet menjadi salah satu produk teknologi yang saat ini sangat banyak digunakan, dibuatnya berbagai alat untuk mengakses internet menjadi sebuah kemudahan bagi para pengguna untuk tetap terhubung dengan internet dimanapun dan kapanpun. Saat ini, peningkatan pengakses internet yang menggunakan perangkat mobile seperti telepon seluler ataupun komputer tablet terus menerus bertambah. Internet Trends menyatakan bahwa telah terjadi peningkatan kurang lebih sebanyak 30 persen jumlah pengakses internet yang menggunakan perangkat mobile pada tahun 2013 ini.

Sedangkan pertambahan pengakses internet melalui perangkat lain seperti notebook ataupun komputer desktop hanya sebanyak 8 persen. Hanya terjadi peningkatan dari 2,3 miliar pengakses menggunakan perangkat notebook atau komputer desktop menjadi 2,4 miliar pada tahun 2013 ini. Dari sebuah data yang diungkapkan oleh seorang analis web bernama Mary Meeker, saat ini terdapat kurang lebih 1,5 miliar pengakses internet yang terdaftar menggunakan jaringan internet 3G di seluruh dunia.

Pengakses Internet Di Indonesia

Kondisi peningkatan serupa juga terjadi Indonesia, terdapat peningkatan pengakses internet dengan menggunakan komputer tablet serta telepon cerdas atau smartphone. Diperkirakan pada tahun 2015 nanti jumlah pengakses internet dengan perangkat mobile di Indonesia akan mencapai 100 juta orang. Salah satu hal yang secara unik terjadi pada rata – rata pengguna atau pengakses internet dengan perangkat mobile di Indonesia adalah keinginan untuk dapat membuka atau mengakses internet dengan cepat. Hal ini menjadi salah satu peluang yang kemudian dimanfaatkan oleh para pembuat browser internet dengan perangkat mobile untuk bersaing mendapatkan konsumen sebanyak mungkin.

Empat Browser Internet Terpopuler di Indonesia

Browser-Internet-Paling-Populer-Di-Indonesia-2

Opera menjadi salah satu browser internet paling populer dan paling banyak digunakan pada perangkat mobile. Salah satu keunggulan dari browser internet ini adalah rasio kompresi yang rendah, dikombinasikan dengan konektivitas yang tinggi maka Opera dapat menjadi browser yang handal, cepat dan juga hemat baterai. Keberadaan beberapa fitur seperti newsfeed atau flipboard yang tidak terdapat pada browser lain juga menjadi alasan banyaknya pengguna Opera.

Internet Explorer dari Microsoft merupakan browser internet paling populer selanjutnya, popularitas dan kebiasaan pengguna Internet Explorer versi desktop menjadikan browser internet versi mobile juga menjadi pilihan mereka yang terbiasa dengan versi desktop. Meskipun begitu, Microsoft menyatakan masih akan berusaha mengembangkan Internet Explorer versi mobile dengan fitur dan keunggulan baru. Mozilla Firefox menjadi browser pilihan pengguna internet di Indonesia selanjutnya, dengan pemrograman HTML, Java Script dan open web, browser internet ini banyak dipilih karena memiliki tingkat keamanan yang sangat baik.

Salah satu kekurangan dari Firefox adalah kesulitan yang muncul pada perangkat dengan basis IOS. Google Chrome sebagai browser internet yang terinstal pada perangkat berbasis Android menjadi browser paling populer selanjutnya di Indonesia. Browser ini menjadi pilihan yang flensibel karena dapat digunakan pada berbagai platform seperti IOS, Windows, IOS ataupun Linux.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *