Bluestacks – Instal Android di PC dan Permasalahnya

By on December 16, 2013
5. Bluestack _ Instal Android di PC dan Permasalahnya 2

Jika Anda menginginkan untuk mempunyai gadget android namun uang Anda sangat mepet maka Anda bisa mempunyai gadget android secara gratis dengan PC Anda. Yang Anda lakukan adalah instal android di PC dan kemudian jalankan seluruh aplikasi android layaknyaAnda menggunakan sebuah gadget android yang paling mahal. Salah satu cara yang paling mudah untuk menjalankan aplikasi android di PC adalah dengan mempergunakan Bluestacks, sebuah android emulator yang didesain untuk dijalankan di PC. Sebenarnya masih ada satu lagi android emulator yaitu Genymotion namun Bluestacks ternyata masih menjadi favorite.

Namun ada beberapa masalah dengan Bluestacks yang kadang membuat bingung dan stress para pemula yang ingin menginstalnya di PC mereka. Permasalahan ini semakin sering muncul ketika Bluestackss mengupgrade sistemnya menjadi virtual OS Android 4.0. berikut ini ada beberapa masalah yang sering menghampiri saat menginstall Bluestackss pada PC, antara lain:

1. Error 1406

2. Error 25000

3. Downloading Runtime Data Error

Masalah pertama yang sering terjadi saat instal android di PC adalah error 1406. Kesalahan jenis ini ditandai pernyataan “system error, verify that you have sufficient access to that key, or contact your support personnel” sehingga proses peninstalan Bluestacks tidak dapat dilanjutkan karena adanya gagal verifikasi. Untuk mengatasi permasalahan yang pertama ini Anda bisa mencoba menginstal ulang Bluestacks kembali dan jika telah diulangi beberapa kali masih saja ada error yang terjadi maka bersihkan key regedit terlebih dahulu baru diulangi lagi.

 

Caranya masuk ke regedit dan hapus setiap key yang berhubungan dengan Bluestacks termasuk yang ada pada folder Program Files di drive C: PC. Coba ulangi instal Bluestacks. Jika masih gagal maka kemungkinan komputer and yang tidak support Bluestacks karena minimum spesifikasinya adalah Windows XP SP3, RAM min 2GB dan VGA terbaru.

Berikutnya adalah Error 25000. Permasalahan instal android di PC jenis yang ini dikarenakan Graphic Card Error. Seperti dikatakan diatas,selain RAM 2GB, PC yang hendak dipasangi Bluestacks harus mempunyai Graphic Card yang cukup up to date. Untuk mengatasi masalah ini maka yang bisa Anda lakukan adalah membeli graphic card terbaru atau update drivernya jika Anda merasa graphic card Anda sudah cukup mumpuni. Pilihan lain adalah dengan men-set High Performance pada Graphic Card setting.

Masalah yang terakhir adalah Downloading Runtime Data Error. Kesalahan ini terjadi karena sesi downloading runtime data tidak bisa berjalan. Kesalahan ini bukan karena PC Anda melainkan dari Bluestacks sendiri. Untuk solusinya, hentikan proses instalasi dan cobalah instal ulang dari awal dan perhatikan jika ada error saat instalasi tersebut. Pastikan juga Anda mendownload Bluestacks versi terbaru.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *