Beberapa Game Populer yang Ternyata Bermanfaat bagi Otak

By on November 23, 2015
2.Beberapa Game Populer yang Ternyata Bermanfaat bagi Otak1

Seiring dengan perkembangan jaman, game tidak hanya bersifat menyenangkan. Lebih jauh lagi, game pun saat ini bersifat edukasi atau memiliki manfaat lainnya. Seperti halnya beberapa game berikut ini yang ternyata mampu melatih otak untuk menemukan solusi masalah di dunia nyata. Percaya atau tidak tapi game populer seperti Call of Duty ternyata mampu memberikan manfaat tersebut.

Game ini tidak selamanya dianggap membawa pesan kekerasan, tetapi juga membawa manfaat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Jane McGonial, Call of Duty justru mampu meningkatkan kemampuan kognitif Anda sebagai pemainnya.

Hal ini karena Call of Duty dimainkan dengan sangat cepat. Mau tidak mau tentu Anda harus fokus. Dengan memainkan game populer ini, kecerdasan spasial dan visual Anda akan meningkat. Jika diasah terus maka Anda bisa memperbaiki kemampuan di bidang sains, teknologi bahkan matematika.

Call of Duty bukanlah satu-satunya game yang ternyata memiliki manfaat. Game lain yang juga memiliki manfaat adalah game bergenre sport berjudul Forza. Game ini adalah game balap mobil yang juga harus dimainkan dengan cepat.

Walaupun begitu, jika Anda memainkannya secara teratur, Anda justru bisa memperbaiki cara Anda mengambil keputusan khususnya saat berada di bawah tekanan. Jangan heran jika setelah sering memainkan game ini, pengambilan keputusan Anda jauh lebih akurat dari sebelumnya.

Masih penasaran dengan game populer lain? Yang tidak Anda duga adalah game Grand Theft Auto. Game ini sangat populer namun banyak yang mengecam aksi kekerasan yang ditunjukkan. Namun, penelitian yang dilakukan oleh Jane McGonial menemukan fakta lain.

Dengan memain game populer ini, kemampuan otak Anda justru akan meningkat. Anda bisa lebih cepat dalam menerima informasi. Bahkan, Anda pun bisa melacak informasi tersebut secara akurat saat berada di tekanan yang tinggi.

McGonial juga menyarankan Anda untuk memainkan game dengan genre strategi. Dengan memainkan game seperti StarCraft atau Mass Effect, kemampuan strategi Anda dikehidupan nyata juga akan meningkat.

Tidak heran jika nantinya Anda bisa memecahkan masalah di dunia nyata dengan cepat. Cara Anda menyelesaikan masalah pun akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sebelumnya atau dibandingkan dengan mereka yang tidak bermain game.

Satu lagi game yang juga populer dan tidak disangka-sangka membawa dampak positif bagi pemainnya adalah Final Fantasy. Game RPG ini rupanya akan menggiring otak Anda untuk berpikir lebih cepat khususnya dalam menentukan sesuatu. Anda akan lebih bisa menganalisa pilihan-pilihan tersebut dengan cepat sehingga pilihan lebih akurat.

Tentu saja, untuk membuktikan hal ini Anda harus mencobanya sendiri. Menurut McGonial ada baiknya untuk bermain game-game tersebut tiga kali dalam seminggu. Tak perlu terlalu lama memainkannya, cukup luangkan waktu 20 menit saja. Lakukan secara teratur kemudian rasakan perbedaan sebelum dan sesudah memainkan game-game tersebut.

Game Populer

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *