Bebas Iklan dengan Brave Browser

By on January 24, 2016
2. Bebas Iklan dengan Brave Browser 2

Salah satu hal paling menyebalkan saat Anda berselancar di dunia maya adalah banyaknya iklan yang mengganggu saat membuka halaman website. Memang, ada beberapa add-on dengan kategori ads blocker yang dapat mengatasi masalah ini. Anda dapat menggunakan add-on seperti ini atau dengan browser alternatif, seperti Brave Browser.

Brave Browser merupakan browser yang dapat membuat Anda terbebas dari iklan saat berselancar di dunia maya. Browser ini juga mampu melindungi Anda dari tracking yang biasanya dilakukan website-website tertentu.

Yang menarik, browser ini merupakan buatan dari salah seorang CEO Mozilla, perusahaan yang menciptakan browser Firefox, yaitu Brendan Eich. Pria ini juga adalah penemu dari bahasa JavaScript. Brendan melalui perusahaan Brave Software mencoba untuk membuat browser yang dapat digunakan di berbagai platform. Dan, tentunya, fungsi utama yang paling penting adalah membebaskan pengguna dari iklan yang mengganggu dan pelacakan.

Browser ini memang belum resmi diluncurkan ke publik. Akan tetapi, perusahaan yang membuatnya mengklaim bila browser ini akan dapat bekerja lebih cepat dari browser lainnya. Menurut pengujian, browser ini memang dapat bekerja 1,4 kali lebih cepat saat digunakan di komputer. Dan, saat digunakan pada Smartphone, Brave Browser dapat bekerja 2 hingga 4 kali lebih cepat.

Meskipun versi penuhnya belum dirilis, tetapi, pengguna internet saat ini sudah dapat mencoba versi 0.7 dari Brave Browser. Versi ini juga dapat dikatakan sebagai versi penguji yang digunakan untuk melihat kinerjanya di beberapa OS, seperti Windows, OS X, iOS dan Android.

Hal menarik dari browser ini adalah dasar pembangunannya yang menggunakan Google Chromium. Meskipun Eich merupakan bekas sosok penting di Mozilla Firefox, ternyata dia tidak menggunakan browser yang dia kembangkan dahulu untuk membuat browser ini.

Hal lain yang perlu diperhatikan disini adalah Brave Browser ternyata tidak memblokir semua iklan. Hanya iklan yang mengganggu dan melakukan pelacakan saja yang terblokir. Akan tetapi, iklan asli dengan porsi yang sesuai masih ditampilkan.

Bahkan, Brave sendiri berencana untuk menampiklka iklan mereka sendiri. Menurut Eich, pihaknya akan menampilkan iklan pada bagian yang tidak mengganggu kenyamanan pengguna. Pihaknya juga berencana untuk menggandeng beberapa pihak yang ingin memasang iklan di browser ini. Nantinya, mereka juga akan mendapatkan kompensasi.

Akan tetapi, rencana kerjasama ini masih membutuhkan waktu lagi dan melihat apakah Brave Browser akan dapat mendapatkan jumlah pengguna yang cukup banyak. Bila pengguna browser ini mencapai angka tertentu, maka rencana ini akan dapat dilaksanakan. Ditambah lagi, browser ini masih dalam tahap penyempurnaan dan pengembangan, serta belum dirilis secara penuh. Nantinya, apakah rencana ini dapat terlaksana akan terungkap saat Brave Browser benar-benar dirilis secara resmi.

2. Bebas Iklan dengan Brave Browser 1

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *