BBM untuk Android

By on June 26, 2013
BBM-untuk-Android-1

BBM atau Blackberry Messenger memang telah lama dikenal sebagai salah satu layanan khusus yang khusus disediakan untuk para pengguna smartphone Blackberry. Namun masa-masa dominasi tersebut tampaknya akan segera berakhir. Blackberry kini akhirnya bersiap untuk membuka tabir layanan eksklusif tersebut. Bahkan kabarnya layanan ini juga akan tersedia pada platform Android pada pertengahan tahun 2013 ini. Pengumunan ini tentunya menimbulkan pro dan kontra. Masyarakat dibuat terkejut dengan berita tersebut. Ada yang mengatakan bahwa tindakan Blackberry ini sama seperti bunuh diri. Namun di sisi lain para pengguna platform lain juga ada yang tertarik dengan berita tersebut. Bahkan tidak sedikit pengguna Android yang ingin mencoba layanan BBM ini. Meski secara sepintas ini tampak seperti bunuh diri, tampaknya Blackberry punya alasan tersendiri. Bahkan bisa dikatakan ini adalah bukti kepercayaan diri Blackberry dengan Blackberry 10 nya.

BBM akan Berdiri Sendiri

Kenyataan tentang lahirnya BBM untuk platform Android dan iOS ternyata tidak terlepas dari upaya Blackberry untuk membangun layanan messenger yang berdiri sendiri. BBM kini tidak lagi identik dengan perangkat besutan Blackberry. Bahkan kini BBM akan dilepas dan dibangun layaknya layanan messenger lainnya. Thorsten Heins yang merupakan CEO Blackberry juga mengatakan bahwa kini sudah bukan saatnya lagi Blackberry mengandalkan BBM untuk menjual handsetnya. Pihaknya merasa yakin bahwa Blackberry 10 saja sudah menjadi platform yang cukup menarik dan sudah waktunya bagi BBM untuk berdiri sendiri. Frank Boulben selaku Chief Marketing Officer Blackberry juga menyatakan hal yang serupa. Menurutnya messaging akan menjadi bentuk utama jejaring sosial. Melihat situasi ini, Blackberry tidak mau kehilangan moment. Karena itulah pihaknya harus mampu menyediakan layanan BBM ke semua platform.

Pro dan Kontra akan BBM untuk Android

BBM-untuk-Android-2

Dulu BBM memang pernah menjadi salah satu layanan messenger yang sangat terkenal. Bahkan pengguna layanan ini jumlahnya sudah sangat banyak. Namun dengan hadirnya BBM di platform Android dan iOS, tentunya muncul beberapa pro dan kontra akan kelangsungan BBM dan Blackberry. Jika BBM di Platform android memang akan segera hadir, apakah layanan tersebut akan mampu menyedot perhatian para pengguna Android? Seperti yang diketahui, saat ini layanan messenger di platform ini sudah sangat banyak. Sebut saja WhatsApp, Line, WeChat dan Kakao Talk. Kalaupun BBM memang akan hadir di platform tersebut, tentunya ia harus bersaing dan mampu mengalahkan dominasi keempat layanan messenger yang telah ada sebelum BBM. Meski BBM telah memiliki jumlah pengguna yang cukup besar, mengalahkan dominasi keempat layanan messenger tersebut tetap bukan merupakan pekerjaan yang mudah.

Terlepas dari itu semua, tujuan utama Blackberry melepas BBM sebagai layanan messenger yang berdiri sendiri tentu dengan tujuan untuk meningkatkan omzet perusahaan. Jika memang demikian, melalui BBM ini pastinya Blackberry akan menjalankan model bisnis yang serupa dengan layanan messenger lainnya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *