BBM Dikalahkan WhatsApp

By on February 2, 2015
3. BBM Dikalahkan WhatsApp 2

Jika Google merilis sebuah daftar yang berisi aplikasi yang paling dicari dan BBM masih yang paling teratas, maka di Indonesia, ada survery yang menyebutkan bahwa BBM telah tumbang oleh Whatsapp. Hal ini dikemukakan oleh XL Axiata yang diwakili oleh Ongki Kurniawan yang menjabat sebagai kepala Departement Social Media XL pada sebuah acara yang bertajuk Mobile Marketing Association Forum (MMAF) yang berlangsung beberapa hari yang lalu.

Dikatakan lebih lanjut bahwa BBM memang pernah menjadi penguasa aplikasi chatting dengan jumlah pengguna yang sangat besar, apalagi saat Android diberikan akses ke aplikasi BBM sehingga pengguna Android bisa ber-BBMan dengan semua orang, termasuk mereka yang BBM dengan perangkat BlackBerry.

Namun kini jumlah pengguna BBM telah dikalahkan oleh pengguna Whatsapp. Hal ini karena WhatsApp sangat gencar dalam melakukan penetrasi pasar sementara Blackberry seperti mendiamkan saja aplikasi chatting utama mereka. WhatsApp memang melejit setelah beberapa waktu yang lalu dibeli oleh FaceBook dan menjadi bagian dari bisnis utama FaceBook.

Data yang dimilik XL menyebutkan bahwa WhatsApp tumbuh dengan sangar agresif, yaitu 37% sementara di lain pihak, BBM malah turun hingga 15% tahun ini jika dibandingkan dengan tahun 2014 yang lalu. Ongki juga menyebutkan bahwa ada sekitar 70% pengguna XL yang mempergunakan internet dan WhatsApp untuk berkomunikasi antar pengguna.

Sampai saat ini telah ada 31,2 juta pengguna XL yang sudah terhubung ke dunia online dan jumlah ini adalah setengah dari seluruh pelanggan XL di Indonesia. Dari data yang dimiliki XL, ada banyak sekali pelanggan yang bermigrasi dari BBM ke aplikasi chatting lain seperti Line, WhatsApp,weChat dan banyak lagi. Hingga saat ini pengguna BBM di XL hanya 10% saja.

Ada banyak hal yang menyebabkan pelanggan meninggalkan BBM, antara lain karena mereka berpindah dari perangkat BB yang membutuhkan biaya berlangganan yang jauh lebih mahal dari Android. Tanpa berlangganan paket BB, maka perangkat BB hanyalah menjadi ponsel biasa, inilah yang mungkin paling memberatkan para pengguna BB dan membuat mereka pindah. Sementara pengguna Android bisa melakukan apa saja dengan hanya membeli kuota internet yang bisa dipergunaakan untuk apa saja sesuka mereka, termasuk browsing dan chatting di banyak aplikasi chatting sekaligus.

Hal lain yang membuat BBM luntur adalah karena aplikasi ini telat dalam mengintegrasikan voice call di aplikasinya. Sejak dulu pengguna Whatsapp telah bisa melakukan panggilan suara dengan tanpa biaya tambahan apapun. Sementara di BBM belum ada voice call, sampai beberapa bulan terakhir dimana akhirnya Blackberry menambahkan fitur ini didalam aplikasi BBM mereka. Jadi pantas saja jika saat ini pengguna WhatsApp semakin banyak dan pengguna BBM semakin sedikit (walaupun ini adalah versi dari penelitian XL).

 whatsapp, bbm, sosial media, aplikasi android, android

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *