Babylon Search Yang Menjengkelkan Anda

By on November 19, 2013
5. Babylon Search Yang Menjengkelkan Anda 1

Jika Anda sering download sofware, game, tool atau apapun dari web pihak ketiga, mungkin Anda akan dengan tidak sadar juga mendownload program Babylon Search yang menjengkelkan Anda. Babylon Search memang dicap sebagai software pengganggu dan sering disebut sebagai browser hijacker. Software ini jika didownload akan mengambil alih homepage browser Anda dan menginstal dirinya sendiri menjadi mesin pencari di browser Anda dan menjalankan fungsi yang tidak Anda kehendaki.

Software yang telah didownload akan memunculkan toolbar search di browse Anda dan tiba-tiba menjalankan browser untuk menuju ke suatu alamat web tertentu. Sebenarnya Babylon Search bukan virus namun para ahli bilang program ini cukup berbahaya dan dianggap sebagai Potentially Unwanted Program. Mungkin Anda tidak sadar dari mana Anda mendapatkan program Babylon Search ini. Yang paling sering adalah dari instalasi software yang telah disusupi Babylon Search ini seperti babylon Electronic Dictionary, English for Kids, Babylone Mobile, dan banyak sekali software lain.

Sumber lain untuk Babylon Search adalah ketika Anda mendownload suatu program dari web “X” dan ketika akan mendownload, Anda biasanya harus mengijinkan web “X” tersebut menginstal Babylon Search ke browser Anda baru link download bisa dipergunakan. Jika tidak, maka biasanya Anda akan diberi kotak konfirmasi bahwa jika Anda ingin menginstall suatu program, maka Anda harus juga mengijinkan Babylon Search untuk diinstal, jika tidak, maka program yang Anda inginkan tidak bisa dipergunakan.

 

Jika Anda mengalami hal yang menjengkelkan Anda seperti itu, maka segera musnahkan Babylon Search tersebut dengan berbagai cara dibawah ini. Pertama hapus Babylon Search dari control panel dan uninstall. Caranya hentikan dulu program Babylon Search baru kemudian buka control panel > Uninstall Program. Jika di firefox ada add on Babylon Search hapus juga dengan klik tools pada bar firefox > add-ons dan hapus, lakukan juga step yang sama jika Anda mempergunakan browser lain.

Cara kedua menghilangkan Babylon Search adalah dengan hapus Homepage Babylon dan ganti dengan URL lain. Selain itu jangan lupa juga untuk membersihkan cache internet Anda dengan mempergunakan program CCleaner atau buka setting > clear cache dari browser Anda. Jika Anda mempergunakan antivirus  yang bisa dipergunakan untuk meng-blok web, masukkan URL Babylon Search dan blok dari akses komputer Anda.

Jika Anda ingin yakin lakukan scan dengan opsi spyboot dan adware posisi on sehingga antivirus dapat mengenali spyware dan adware tersebut dan mendeletnya. Untuk aman Anda bisa juga mempergunakan program Deepfreeze yang mengembalikan komputer seperti sediakala saat Anda reboot/restart komputer Anda. Bahkan infeksi virus dan berbagai macam spyware akan hilang begitu Anda restart komputer Anda. Mudah, cepat dan tidak menjengkelkan Anda bukan?

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *