Awas, WhatsApp di PC Mengandung Malware

By on September 7, 2015
3. SIM Card Whatsapp Hadir di Indonesia  1

Baru-baru ini, para aktivis keselamatan dunia maya menemukan celah berbahaya dalam WhatsApp versi web atau desktop. Lewat celah tersebut, para hacker bisa menipu korbannya untuk menginstal program berbahaya atau yang lebih di kenal dengan sebutan malware.

Seperti dilansir dalam PC World, celah keamanan tersebut ditemukan oleh salah seorang ahli keamanan yang bernama Kasif Dekel yang berasal dari perusahaan Check Point. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya, penjahat cyber tersebut nantinya bisa memanfaatkan kartu kontak digital atau vCard untuk menipu korbannya.

Alih-alih menerima informasi kontak yang diinginkan, justru si korban malah akan menerima vCard yang berisikan berisi kode berbahaya. Lebih jauh lagi, Dekel menemukan kemungkinan si malware tersebut mengubah ekstensi file .bat atau script lainnya ke dalam ekstensi vCard.

Secara otomatis, sistem WhatsApp akan berpikir jika pengguna hanya menerima vCard dari teman atau orang yang ada dalam kontaknya, padahal vCard tersebut merupakan sekumpulan kode yang bisa berjalan layaknya aplikasi biasa, dan bisa membahayakan penggunanya.

2. Nikmati Telpon Gratis di Whatsapp 1

Celah keamanan ini sendiri dianggap sangat berbahaya karena si penjahat cyber hanya membutuhkan nomor telepon korban untuk mengirimkan vCard Paulus tersebut. Dan untungnya, vCard yang berisi kode jahat tersebut tidak akan berjalan jika si korban tidak mengunduh atau membukanya.

Pihak Check Point sendiri saat ini sudah melaporkan celah keamanan tersebut kepada pihak WhatsApp pada 21 Agustus kemarin. Bahkan menurutnya, sekarang WhatsApp berjanji akan segera menangani masalah tersebut dan akan segera menambal celahnya tersebut.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *