Apple Sarankan Pengguna Windows untuk Copot QuickTime Player

By on April 18, 2016
QuickTime Player1

Apakah anda merupakan salah satu pengguna setia aplikasi pemutar media QuickTime Player? Kalau iya, sebaiknya anda segera menaggalkan aplikasi tersebut, apalagi anda menggunakan aplikasi buatan Apple tersebut dalam sistem operasi Windows.

Pada dasarnya, ada dua alasan kenapa anda harus segera menanggalkan aplikasi tersebut, yang pertama, sang pengembang aplikasi tersebut, Apple, sudah tidak memberikan dukungan pembaruan atau update keamanan untuk aplikasi QuickTime khusus platform Windows.

Bahkan menurut beberapa ulasan di dunia maya, banyak yang merekomendasikan anda untuk segera menghapus aplikasi tersebut. Tapi ingat, remokemdasi penghapusan aplikasi tersebut hanya berlaku untuk pengguna sistem operasi Windows saja, dan tidak berlaku bagi pengguna OS Apple atau MacOS.

Alasan kedua, berdasarkan penelusuran Zero Day Initiative, yang merupakan tim yang terdiri atas ahli keamanan, menyatakan jika mereka telah menemukan setidaknya dua celah keamanan dalam program QuickTime khusus sistem operasi Windows.

QuickTime Player

Karena saat ini Apple sudah tidak akan memberikan dukungannya lagi, bisa dipastikan lubang keamanan tersebut tidak akan pernah ditambal dan bahkan lebih buruknya lagi, akan semakin bertambah seiring dengan berkembangnya waktu.

Seperti dilansir dalam Trend Micro, sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerugian yang dilaporkan akibat adanya celah keamanan dari QuickTime, hanya saja anda sangat disarankan untuk melindungi sistem Windows yang anda gunakan dengan cara menanggalkan aplikasi tersebut.

Seperti kita tehaui, aplikasi QuickTime senidri biasanya terpasang default dalam sistem operasi Windows versi lama, dari mulai Windows XP, Windows Vista hingga Windows 8. Untuk anda yang ingin menghapusnya, anda bisa mengikuti tutorialnya di https://support.apple.com/HT205771.

Tidak hanya QuickTime, ada beberapa program dan sistem operasi lain yang tidak lagi mendapatkan update sehingga anda disarankan untuk segera digantikan atau dilepas, dia adalah Microsoft Windows XP dan Oracle Java 6.

Bagaimana dengan anda? Apakah aplikasi-aplikasi tersebut masih terpasang di komputer kamu?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *