Aplikasi Wajib untuk para Pemudik

By on July 23, 2013
51.-Aplikasi-Wajib-untuk-para-Pemudik_2

Mudik memang telah menjadi salah satu bagian dari tradisi bangsa Indonesia. Setiap menjelang libur lebaran, jalanan antar kota pasti selalu dipenuhi oleh kendaraan para pemudik. Kota-kota besar mulai ditinggalkan dan keramaianpun mulai beralih ke wilayah pedesaan. Namun agar perjalanan mudik berjalan dengan aman, penting bagi para pemudik untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Kehadiran smartphone sebenarnya juga dapat memudahkan perjalanan mudik. Fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang ada pada smartphone dapat Anda optimalkan bahkan Anda juga dapat mengubah smartphone menjadi perangkat mudik yang cukup powerful. Untuk mengubah smartphone menjadi perangkat mudik yang tangguh, Anda membutuhkan beberapa aplikasi pembantu. Namun aplikasi apa sajakah yang perlu diinstall ke dalam smartphone?

Anti Tersesat dengan Aplikasi Peta Digital

Aplikasi pertama yang wajib dimiliki oleh para pemudik adalah aplikasi peta digital. Saat ini memang ada beberapa aplikasi peta digital yang telah tersedia di dunia maya. Akan tetapi jika Anda membutuhkan aplikasi peta yang cukup powerful, Google Map, yang merupakan salah satu aplikasi Android yang paling banyak di download, tampaknya dapat menjadi pilihan yang sangat sesuai. Berbeda dengan aplikasi peta tradisional, Google Map dapat menunjukkan dimana posisi Anda berada sehingga Anda dapat mengetahui secara pasti kemana Anda harus mulai melangkah.

Untuk mengetahui rute mana yang paling aman dan lancar untuk dilalui, ada aplikasi menarik yang bernama Lewat Mana. Aplikasi ini akan memberikan informasi aktual dan akurat terkait dengan kondisi jalanan antar kota yang akan Anda lalui. Informasi ini disebarkan melalui akun Twitter dan SMS. Namun untuk memberikan informasi yang lebih hidup dan atraktif, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan bantuan kamera CCTV yang telah ditempatkan di beberapa titik fital di Pulau Jawa dan Bali.

Jika Anda memilih jalan tol sebagai jalur mudik Anda, aplikasi Jasa Marga akan sangat membantumu dalam memperoleh informasi terkait dengan situasi jalan tol yang ada di Pulau Jawa dan Madura. Hanya saja yang patut disayangkan adalah terbatasnya platform yang didukung oleh aplikasi ini. Untuk saat ini aplikasi ini hanya mampu berjalan pada perangkat Blackberry dan tablet Android saja.

Mudah Mengetahui Tempat-tempat Penting selama Mudik

51.-Aplikasi-Wajib-untuk-para-Pemudik_1

Selain aplikasi peta, aplikasi penunjuk lokasi atau sistem informasi geografis juga akan sangat membantu perjalanan Anda. Salah satu aplikasi SIG yang perlu dimiliki oleh para pemudik itu adalah TMC Polda Metro. Berkat aplikasi ini Anda bisa mengetahui lokasi-lokasi pos polisi, tempat pelayanan STNK, kejadian-kejadian penting seperti kecelakaan hingga kebakaran dengan lebih mudah. Namun sayangnya aplikasi ini hanya dapat berjalan pada platform Android.

Aplikasi berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah aplikasi yang bernama Makan Dimana. Dari namanya saja tentu sudah terlihat apa fungsi yang dimiliki oleh aplikasi ini. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengetahui tempat-tempat makan terdekat. Untuk menjalankan aplikasi ini paling tidak Anda harus memiliki perangkat Blackberry atau Android.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *