Aplikasi Sejarah Indonesia Untuk Ponsel Pintar

By on December 29, 2013
2.Aplikasi Sejarah Indonesia Untuk Ponsel Pintar2

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno sendiri juga mengajak rakyat Indonesia untuk “jangan sekali-kali melupakan sejarah” atau yang lebih populer dengan istilah “jas merah”. Sejarah sendiri juga dimasukkan ke dalam mata pelajaran wajib kurikulum sekolah.

Akan tetapi, jika Anda membayangkan mengenai pelajaran sejarah yang Anda dapat di sekolah, Anda akan membayangkan pelajaran yang membosankan dan justru membuat Anda terbuai dan tertidur di dalam kelas. Anda juga harus berjuang untuk menghapal berbagai peristiwa sejarah sebelum ujian untuk kemudian melupakannya setelah ujian selesai. Tidaklah mengherankan jika kini ada banyak anak muda yang tidak begitu mengenal sejarah Indonesia sendiri.

Kondisi ini tentu dianggap memprihatikan oleh beberapa kalangan sehingga terbersitlah ide untuk membuat aplikasi sejarah Indonesia. Ide ini boleh dikatakan sebagai ide yang cemerlang untuk lebih mendekatkan masyarakat terutama anak muda dengan sejarah bangsanya sendiri. Penggunaan ponsel pintar yang semakin hari semakin meningkat tentu tidak boleh hanya digunakan untuk bersenang-senang karena Anda bisa pula menggunakan ponsel pintar ini untuk belajar serta menambah pengetahuan khususnya mengenai sejarah Indonesia melalui aplikasi ini.

aplikasi sejarah

Ada aplikasi sejarah Indonesia yang bisa Anda temukan dan bisa Anda coba untuk mengetahui lebih banyak sejarah mengenai perjuangan bangsa Indonesia pada zaman perjuangan kemerdekaan. Untuk pengguna ponsel pintar berbasis Android, Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Sejarah Indonesia yang masih dalam versi Beta dan dikembangkan oleh Ragam Media Teknologi Indonesia. Aplikasi mobile yang berbasis platform Android ini mempunyai isi berupa informasi mengenai peristiwa dan tempat yang mempunyai nilai sejarah di Indonesia serta biografi pahlawan di Indonesia.

Aplikasi versi beta ini baru meluncur ke pasaran tanggal 22 Maret 2013 dengan basis geolokasi dengan file yang berukuran cukup kecil sekitar 694 kb. Aplikasi ini memang ditujukan untuk mengajak masyarakat untuk mengenang jasa pahlawan nasional Indonesia yang berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Fitur menu yang ditawarkan adalah menu Telusuri, menu Tempat Bersejarah, menu Peristiwa Sejarah, menu Kisah Pejuang, dan menu Jelajah Nusantara. Aplikasi yang sudah diunduh 10.000-50.000 kali ini mempunyai standar kualitas yang tinggi untuk aplikasi versi beta dan kompatibel untuk perangkat Android versi 2.2 ke atas.

Pengguna Windows Phone bisa mencoba menggunakan aplikasi sejarah Indonesia yang dikembangkan oleh AppGateway yang bertujuan untuk mengingatkan sejarah dan cerita perjuangan pahlawan dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Anda bisa menggunakan katalog yang tersedia dalam aplikasi ini untuk mendapatkan informasi sejarah yang Anda inginkan.

Namun, pembuat aplikasi ini juga mengakui bahwa informasi yang tersaji belum lengkap dan detail. Aplikasi yang ditawarkan gratis ni juga mempunyai latar belakang yang kurang menarik dan justru membuat pengunjung kesulitan membaca teks.

aplikasi sejarah

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *