Aplikasi Kesehatan Siap Dirilis Di iOS 8

By on February 12, 2014
3. Aplikasi Kesehatan Siap Dirilis di iOS 8 1

Semakin banyaknya perangkat ponsel pintar berbasis OS canggih, semakin banyak juga aplikasi bermanfaat bagi para penggunanya. Sebut saja aplikasi pengaturan keuangan keluarga, aplikasi desain interior rumah, aplikasi untuk anak-anak, aplikasi liburan, aplikasi belanja online, dan kini muncul sebuah aplikasi baru. Aplikasi ini adalah aplikasi pengawas kesehatan / health monitoring. Rupanya Apple sangat tertarik dengan aplikasi yang satu ini. Menurut Apple, aplikasi ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Saking tertariknya dengan aplikasi ini, kabarnya Apple akan menyandingkan aplikasi kesehatan ini dengan perangkat iOS 8. Kabarnya lagi sejumlah eksekutif Apple baru-baru ini mengunjungi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat pada bulan lalu.

Berdasarkan laporan yang bersumber dari New York Times, kunjungan perusahaan yang bersimbol apel dengan bekas gigitan ke Badan Pengawas Obat dan Amerika Serikat ini merupakan ajang diskusi seputar pengadaan aplikasi medis/ kesehatan yang ditanamkan pada perangkat mobile. Kabar ini tersiar tak lama setelah beredarnya informasi yang menyebutkan bahwa Google juga sebelumnya telah mengunjungi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika. Pertemuan Google dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu bertujuan untuk membicarakan fungsi alat kesehatan berupa soft lens yang diberi nama health monitoring pada pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.

Berbeda dengan forum yang melibatkan Google dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, pertemuan Apple dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS tidak dibeberkan pada media. Namun sebuah sumber menyebutkan bahwa Apple kini sedang menciptakan dan mengembangkan sebuah aplikasi kesehatan yang diberi nama  Healthbook.

healthbook, aplikasi, iOS, iPhone, appstore

Healthbook adalah aplikasi pre-installed  yang nantinya akan disertakan pada perangkat iOS 8. Fungsi dari Healthbook ini adalah untuk mengetahui parameter-parameter pengguna  yang berkaitan dengan kesehatan seperti tekanan darah dan detak jantung. Healthbook juga tampaknya akan ditanamkan pada wearable Apple yang dinamakan iWatch.

Untuk menciptakan Healthbook, Apple telah merekrut sejumlah ahli medis, ahli wearable device, dan instruktur fitness agar hasilnya optimal dan fungsional. Apple juga akan menanamkan chip khusus, yaitu chip M7 pada perangkat iPhone 5S. Chip khusus ini berfungsi untuk mengumpulkan data yang didapat dari beberapa sensor yang terdapat pada iPhone. Data-data ini kemudian digunakan pada Nike+ Move, sebuah aplikasi kesehatan pada iPhone. Nike Move disebut juga aplikasi kebugaran dirilis pada  iPhone 5S.

Nike+Move akan berfungsi untuk mencatat pergerakan-pergerakan dari accelerometer, giroskop teleponm dan kompas. Aplikasi ini kemudian akan menggabungkan beberapa data yang selanjutnya menjadi umpan balik yang mempresentasikan aktivitas Anda saat sedang berolahraga. Canggihnya lagi aplikasi ini dapat berintegrasi dengan perangkat NikeFuel yang terdapat pada perangkat pergelangan tangan seperti FuelBand yang juga bagian dari aplikasi Nike+Move.

healthbook, aplikasi, iOS, iPhone, appstore

BACA JUGA:

Siap-Siap Kedatangan Fitur Jual-Beli Pada Twitter

Penasaran Dengan Launcher Firefox Untuk OS Android?

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *