Android Hilangpun Kini dapat Dilacak

By on August 14, 2013
6.Android-Hilangpun-Kini-dapat-Dilacak_1

Teknologi memang telah berhasil memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Setelah kehadiran perangkat ponsel pintar, komunikasi kini menjadi jauh lebih mudah. Bahkan lebih dari itu, smartphone juga mampu menjawab kebutuhan manusia akan hiburan. Berkat smartphone, kini para pengguna dapat menikmati hiburan baik berupa musik ataupun video dengan lebih mudah.

Berbicara mengenai perangkat smartphone, nama Android tentu tidak akan pernah luput dari pembicaraan. Platform yang satu ini juga dikenal sebagai platform yang paling populer. Namun kini Android tidak hanya hadir sebagai platform yang memiliki segudang kemudahan dan aplikasi gratis saja. Kini pihak pengembang Android juga menyertakan satu fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melacak smartphone Androidnya yang hilang.

Kehadiran Android Device Manager

Untuk menjawab kebutuhan pengguna yang khawatir dengan kasus-kasus kehilangan smartphone, pihak pengembang Android meluncurkan sebuah aplikasi baru yang disebut dengan Android Device Manager. Seperti yang diketahui, dengan semakin populernya Android maka ancaman yang menyerang platform inipun semakin berkembang. Salah satu kasus kejahatan cyber yang paling sering dialami oleh para pengguna Android adalah pencurian data dan informasi. Nah, melalui aplikasi bernama Android Device Manager ini Google menawarkan satu solusi untuk mengantisipasi pencurian data dan informasi pengguna perangkat Android.

Secara sepintas aplikasi ini memang tampak mirip seperti aplikasi bernama Find My Phone yang dimiliki oleh Apple. Fungsi aplikasi ini juga sama. Berkat aplikasi ini, pengguna dapat menemukan ponselnya yang hilang dan mengamankan data dari pihak-pihak yang tidak memiliki otoritas. Saat pengguna kehilangan perangkat Androidnya, mereka dapat menggunakan aplikasi ADM ini hanya dengan mengakses situs ADM.

Tidak ada lagi Kekhawatiran Perihal Perangkat Android yang Hilang

6.Android-Hilangpun-Kini-dapat-Dilacak_2

Aplikasi ADM ini memang tersedia dalam bentuk web. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna dapat menggunakan akun Googlenya dan melihat lokasi terakhir perangkat Androidnya berada melalui layanan Google Maps. Akan tetapi satu hal yang perlu diingat, aplikasi ini hanya dapat mendeteksi perangkat Android yang sedang menyala. Jika perangkat Android yang hilang itu dimatikan, maka aplikasi ini tidak dapat mendeteksi lokasi perangkat tersebut. Tingkat keakuratan aplikasi ini juga bergantung pada GPS, Wi-Fi dan sinyal jaringan mobile dari perangkat yang ingin dicari.

Selain itu aplikasi Android Device Manager ini juga menyediakan fitur bernama Ring. Melalui fitur ini pengguna dapat membunyikan nada dering dalam kondisi maksimal. Fitur ini tentu akan sangat membantu saat pengguna ingin mencari perangkat Androidnya yang terselip di sekitar tempat tinggal atau lokasi sang pengguna berada. Untuk menggunakan fitur Ring ini pengguna hanya perlu mengunjungi situs ADM dan menekan tombol ring.

Saat pengguna sudah merasa tidak dapat menemukan perangkat Androidnya, mereka juga dapat menghapus semua data yang ada di dalam smartphone tersebut secara remote melalui situs ADM. Sedangkan untuk waktu peluncurannya sendiri, diperkirakan aplikasi ini akan hadir pada bulan Agustus ini dan tersedia untuk Android versi 2.2 ke atas.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *