AMD Jadi Mantle Baru untuk Gadget Game

By on September 28, 2013
2, AMD Jadi Mantle Baru untuk Gadget Game

Jika dulu AMD sering dijumpai sebagai salah satu komponen terpenting dalam sebuah perangkat komputer/ PC/ laptop, akhir-akhir ini AMD mewarnai industri game. AMD tetap menjadi bagian terpenting dalam sebuah PC namun PC yang dimaksud adalah game PC.  Temuan ini nampaknya akan mengubah dunia game seluruhnya. Bagi Anda para pecinta game dan pengguna PC pastinya sudah tak asing dengan API direX dan Open GL. Keduanya merupakan komponen yang sering sekali digunakan oleh para pengembang game sebagai fondasi atau dasar pembuatan game yang menarik dan fantastik.

Mantle yang nantinya disebut-sebut sebagai temuan baru ini memiliki peranan yang sama dengan Open GL dan direX. Mantle kemungkinan besar akan digunakan oleh para pengembang game sebagai pembuat ‘bahasa’ yang langsung dapat direspon oleh mesin. Mesin di sini tak lain adalah kartu grafis Radeon. Sekedar informasi tambahan saja, mayoritas game yang beredar menggunakan direX sebagai pembaca atau penerjemah bahasa untuk beragam jenis kartu grafis.

Dampak penggunaan media penerjemah bahasa ini adalah bahwa proses komunikasi antara mesin sebagai pengolah data dan game akan lancar. Dampak selanjutnya adalah performa mesin menjadi meningkat dan ide dan kreasi para pengembang game untuk membuat sketsa animasi game-game baru akan bertambah. Hasil yang didapat juga akan sangat optimal. Pasalnya semua fitur pada kartu grafis akan dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengembang game.

Mantle diprediksikan akan menjadi standard baru dalam dunia game dan perangkat-perangkatnya. Sepertinya prediksi ini akan terealisasi mengingat PS4 dan Xbox One sama-sama menggunakan chip dari kubu merah ini. Kondisi ini tentu saja akan dimanfaatkan oleh para pengembang game  untuk lebih mudah membuat karya-karya baru yang sama. Apalagi keduanya bisa menggunakan API yang sama.

Tentu saja kehadiran Mantle ini akan mendapat respon yang positif dari para pengembang game. Salah satu pengembang game tersebut adalah DICE yang sangat populer dengan karya Battlefiled-nya. Kabarnya game Battlefield akan dirilis akhir tahun ini dan game ini disebut-sebut sebagai game pertama yang menggunakan perangkat Mantle.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *