AceDeceiver Ganggu Pengguna iOS Dengan Kedok Wallpaper

By on March 28, 2016
2.5tipsterhindarmalwareiphone3

Baru-baru ini pengguna perangkat iOS dikejutkan dengan temuan sebuah malware baru bernama AceDeceiver. Program jahat yang satu ini dikenal memiliki cara kerja yang unik dan sangat rapi. Hal inilah yang membuatnya sangat sulit untuk ditaklukan.

Dalam artikel sebelumnya, dijelaskan bagaimana program ini bisa mencuri data-data anda, dari mulai penyamaran, masuk ke komputer hingga menipu anda untuk mengunduh berbagai program jahat yang sudah dia persiapkan.

Tapi yang jadi pertanyaan, bagaimana cara aplikasi jahat ini bisa bersarang di App Store?

Tentu saja semua orang akan bertanya mengenai hal ini. Pasalnya, menyusupkan malware dalam  aplikasi yang ditebar di App Store merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan karena ketatnya pemeriksaan Apple terkait hal ini.

Hanya saja, bukan berarti pintu masuk yang ketat ini tidak bisa disusupi. Seperti dilansir dalam Forbes, untuk bisa masuk ke App Store, program jahat ini menyamar sebagai software wallpaper. Hal inilah yang menyebabkan tindak-tanduknya sulit untuk dicurigai.

Saking saktinya, bahkan sistem filtering malware di App Store sendiri sampai tertipu. Walaupun begitu, dibalik tampilannya yang lugu, malware yang satu ini akan aktif dan melakukan kegiatan jahat ketika mendeteksi jika perangkat iOS tempatnya bersarang berada di China.

Istilahnya, AceDeceiver mampu memberlakukan batasan malicious behavior berdasar letak geografis supaya tidak lekas terendus oleh pihak keamanan Apple. Hal inilah yang membuat pihak Apple China kewalahan dengan pergerakan malware yang satu ini.

iOS Malware AceDeceiver

Walaupun begitu, baru-baru ini pihak Apple sendiri telah berhasil mengidentifikasi dan menghapus tiga aplikasi AceDeceiver yang menyamar sebagai wallpaper. Hal ini terjadi setelah pihak Apple menerima laporan dari Palo Alto Networks (penemu AceDeceiver) di bulan Februari lalu.

Sampai saat ini, berdasarkan laporan terbaru menyatakan jika komputer yang teinfeksi AceDeceiver kebanyakan diwilayah China. Hanya saja, tetap saja timbul kekhawatiran malware ini akan terus bergerak agresif dan bahkan semakin disempurnakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *