5 Aplikasi yang Membuat Paket Data Cepat Habis

By on April 29, 2016
2. 5 Aplikasi yang Membuat Paket Data Cepat Habis 1

Saat ini, Anda bisa menggunakan internet melalui smartphone Anda. Salah satu syarat agar Anda bisa menggunakan fasilitas internet di smartphone adalah Anda memiliki paket data. Kendati demikian, mungkin Anda sering bertanya-tanya mengapa paket data Anda bisa cepat habis meskipun pemakaian internet Anda tergolong wajar. Ternyata, ada beberapa aplikasi yang bisa menyebabkan paket data jadi lebih cepat habis.

Setidaknya ada lima jenis layanan internet yang bisa menyebabkan paket data di smartphone Anda jadi cepat habis. Berikut adalah kelima layanan internet tersebut.

Facebook

Facebook merupakan salah satu layanan online yang paling populer saat ini. Ternyata, mengakses Facebook lewat smartphone tidak hanya menguras memori smartphone Anda namun juga dapat menyebabkan paket data yang Anda gunakan jadi lebih cepat habis. Penyebab utamanya adalah salah satu fitur yang terdapat pada layanan ini yaitu fitur autoplaying video.

Fitur autoplaying video inilah yang menyebabkan paket data yang Anda gunakan jadi cepat habis. Untuk menghemat kuota Anda ketika menggunakan aplikasi Facebook, anda bisa mengatur setting autoplay video sehingga fitur ini hanya aktif ketika ada koneksi Wi-Fi. Dengan demikian, paket data Anda akan jadi lebih hemat dan tidak mudah habis.

Instagram

Selain Facebook, layanan online lainnya yang cenderung dapat menyebabkan paket data jadi lebih cepat habis adalah Instagram. Penyebabnya hampir serupa dengan Facebook, yaitu karena Instagram memiliki fitur autoplay video. Anda bisa mengatur fitur ini dengan mengubah setting penggunaan data pada halaman profil Instagram Anda.

Twitter

Layanan online lainnya yang dianggap sebagai penyebab utama habisnya paket data Smartphone secara lebih cepat adalah Twitter. Sama halnya dengan Facebook, Twitter adalah salah satu layanan media sosial online yang paling populer saat ini. Di Twitter juga tersedia fitur autoplay video yang mana menjadi penyebab utama terkurasnya paket data Anda ketika mengakses aplikasi online ini.

Cara mengatasinya mudah saja. Anda hanya cukup mengubah setting autoplay video sehingga video hanya akan terputar secara otomatis ketika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi.

Youtube

Youtube merupakan layanan online yang memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur video streaming atau menonton video secara langsung. Meskipun layanan ini tidak menyediakan fitur autoplay, namun memutar video melalui Youtube tetap saja akan membuat paket data Anda menjadi lebih cepat habis.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengubah setting pada Youtube sehingga layanan online ini hanya memutar video HD ketika Smartphone terhubung pada koneksi Wi-Fi.

Spotify

Layanan online lain yang bisa membuat paket data jadi cepat habis adalah Spotify. Layanan ini memungkinkan Anda mendengarkan musik secara streaming. Untuk mengatasi habisnya paket data ketika mengakses Spotify, Anda bisa memilih fitur premium yang disediakan oleh layanan online ini. Dengan fitur premium, Anda tetap bisa memutar lagu meskipun Anda tidak mengaktifkan paket data pada smartphone Anda ketika mengakses aplikasi ini.

Aplikasi

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *