3 Game Pada HoloLens Ini Buat Ruangan Anda Menjadi Dunia Game

By on March 6, 2016
2. 3 Game Pada HoloLens Ini Buat Ruangan Anda Menjadi Dunia Game 2

HoloLens yang dibuat oleh Microsoft dapat dikatakan sebagai salah satu inovasi paling mutakhir yang hadir tahun ini. Perangkat ini mampu menempatkan berbagai hologram di dunia nyata atau ruangan Anda, dan Anda pun dapat berinteraksi dengan hologram-hologram ini. Dan, kabar yang paling baru menyebutkan, Microsoft telah membuka layanan pre-order untuk perangkat ini. Mereka menerima pembelian untuk seri Developer Edition dengan harga Rp. 40 jutaan.

Dalam perangkat HoloLens seri Developer Edition, Microsoft tidak hanya memberikan software dan aplikasi untuk mengoperasikannya. Didalamnya juga terdapat tiga game dengan konsep augmented reality.  Tiga game ini bukan hanya menjadi fasilitas hiburan untuk penggunanya, tetapi juga diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk para pengembang game. Mereka dapat menggunakannya sebagai contoh untuk pengembangan game berbasis augmented reality dengan menggunakan perangkat ini.

Tiga game yang disertakan oleh Microsoft dalam HoloLens adalah:

Young Conker

Game ini merupakan spin-off dari seri game Conker yang cukup terkenal. Konsep game aslinya adalah game platform 2D seperti Super Mario. Pemain harus menggerakkan karakter Conker untuk menjelajahi dunianya serta mengumpulkan koin.

Namun, pada Young Conker yang dimainkan dengan perangkat HoloLens ini, dunia yang harus dijelajahi karakter ini adalah ruangan pengguna perangkat ini. Perangkat ini memang bekerja dengan melakukan scan 3 dimensi pada ruangan dan menjadikannya dunia untuk permainan ini.

Ada berbagai efek yang dapat ditimbulkan dari ruangan yang digunakan. Misalnya, Conker dapat melompat lebih tinggi saat menggunakan sofa atau karakter ini seperti akan terjatuh saat berdiri di tepi meja. Yang pasti, HoloLens akan membuat karakter Conker ini menjelajahi ruangan penggunanya.

Fragments

Dalam game ini, Anda akan berperan sebagai detektif atau peneliti yang memecahkan teka-teki yang ada dalam ruangan Anda. HoloLens menggunakan kemampuan room-scanning yang dimilikinya untuk menyembunyikan berbagai petunjuk pada ruangan Anda. Anda harus benar-benar mencari dan meneliti benda-benda di ruangan Anda untuk dapat memecahkan misteri dalam game ini.

RoboRaid

Sebelumnya, Microsoft menamakan game ini dengan nama Project X-Ray. Game ini bergenre First Person Shooting (FPS) yang artinya, pengguna HoloLens akan menjadi karakter yang bermain dalam game ini. Musuh Anda adalah robot yang akan terus mencoba menyerang Anda. Mereka dapat merobohkan tembok dari ruangan dan melakukan serangan dari arah manapun.

Yang menarik, game ini juga menggunakan teknologi audio spatial yang juga ada pada HoloLens untuk menentukan arah datangnya suara. Artinya, suara yang Anda dengarkan akan seperti nyata, misalnya saat robot mencoba menyerang dari belakang Anda, Anda akan mendengarkan suara dari arah belakang pula.

3 game diatas jelas menjadi salah satu hal yang menarik dari perangkat inovatif ini. Sayangnya, HoloLens saat ini masih tersedia dalam Developer Edition. Belum ada informasi mengenai versi komersial dari perangkat mutakhir ini.

HoloLens

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *