3 Aplikasi Manga Terpopuler di iOS dan Android

By on April 17, 2016
3. 3 Aplikasi Manga Terpopuler di iOS dan Android2

Tidak sedikit orang yang senang membaca manga atau komik jepang. Bahkan sebagian dari Anda mungkin ada yang sampai mengoleksi aneka buku fisiknya. Sekarang Anda tidak perlu lagi repot – repot mengeluarkan banyak uang untuk membeli komik fisik demi membacanya. Pasalnya sudah banyak pengembang aplikasi yang menciptakan aplikasi untuk penggemar manga melalui manga reader.

Oleh sebab itu, kali ini kita akan memberikan ulasan singkat beberapa aplikasi manga yang dapat memberikan pengalaman membaca manga terbaik untuk Anda yang menggunakan perangkat berbasis Andoid maupun iOs. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

Manga Rock

Mungkin aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pasalnya Manga Rock merupakan salah satu aplikasi manga reader yang sangat populer. Setidaknya, aplikasi buatan Not A Basement Studio tersebut telah memiliki sebanyak 2 juta pengguna. Lantas apa saja keunggulan dan kelemahan aplikasi ini?

Keunggulan Manga Rock adalah sudah mendukung 7 bahasa yakni bahasa Inggris, Indonesia, Italia, Jerman, Mandarin, Spanyol, dan Prancis. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Terdapat 15 sources atau sumber dengan 100 ribu judul lebih manga.

Pengguna dapat membaca dengan posisi horizontal maupun vertikal. Jika ada chapter komik terbaru yang dirilis, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi. Menariknya aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan manga favorit.

Walaupun memiliki beberapa kelebihan, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti unlock slot download yang sangat terbatas dan memerlukan koneksi internet yang stabil serta kuota data yang mencukupi supaya dapat menampilkan gambar dengan cepat. Saat ini Manga Rock sudah tidak tersedia lagi di Play Store sehingga pengguna harus mengunduhnya melalui browser secara manual.

ZingBox

ZingBox juga termasuk salah satu satu aplikasi yang populer untuk membaca manga. Aplikasi besutan ZingBix Co Limited itu menawarkan user interface yang lebih ceria daripada Manga Rock. Ketika Anda membuka aplikasi tersebut, Anda akan langsung dihadapkan pada genre dan kategori komik di laman yang berbeda.

Beberapa keunggulan ZingBox meliputi didukung oleh 12 bahasa, mempunyai kanal untuk komik original, aplikasi dapat didownload secara gratis, dapat dibaca secara vertikal maupun horizontal,  dan halaman bisa di swipe ke kanan-kiri dan atas-bawah. Selain itu sub kanal berdasarkan genre, update, dan genre sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan manga yang mau dibaca.

Source ZinBox juga lebih banyak karena mempunyai 26 sumber dan 132.900 judul manga. Sayangnya aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat dengan basis OS Android.

Manga Box

Manga Box memiliki tampilan yang agak berbeda dengan ZingBox dan Manga Rock yang lebih ramah pengguna. Walaupun demikian, aplikasi manga ini tetap menjadi pilihan karena dapat berjalan di OS Android maupun iOs. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membaca 12 manga terbaru secara cuma – cuma dan 100 halaman pertama volume pertama dari manga.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah user interfece agak membingungkan karena tidak ditampilkan genre atau kategori manga. Selain itu, jumlah kontennya lebih terbatas dan menampilkan manga hanya berdasarkan volume.

Aplikasi Manga

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *