130 Juta Pengguna Candy Crush

By on September 19, 2013
1.130 Juta Pengguna Candy Crush

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi menawarkan masyarakat dengan berbagai hal baru berkaitan dengan teknologi. Internet sudah semakin menjamur dan kini pengguna internet ditawarkan dengan berbagai situs jejaring sosial yang menawarkan berbagai macam keunggulan.

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang terlebih dahulu booming di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Facebook mulai tersaingi oleh Twitter dan beragam jejaring sosial lainnya. Ada orang yang beranggapan bahwa riwayat Facebook akan berakhir dengan munculnya jejaring sosial baru yang lebih banyak digandrungi oleh pengguna internet.

Namun, pada kenyataanya, Facebook tetap bertahan dengan peminat yang masih demikian banyak. Hal ini dikarenakan Facebook tidak hanya berfokus pada fungsinya sebagai jejaring sosial yang hanya berguna untuk berbagi kabar dalam lingkungan pertemanan di dunia maya tersebut. Facebook juga melebarkan sayap dengan menyediakan beragam permainan menarik yang bisa dilakukan secara online lewat akun Facebook yang dimiliki oleh pemain.

Facebook mempunyai daftar game yang cukup banyak. Dari sekian banyak game yang bisa dimainkan lewat akun Facebook, Candy Crush Saga merupakan game yang meraih pencapaian luar biasa di dunia permainan lewat Facebook. Bagaimana tidak? Permainan yang populer tidak hanya di Facebook melainkan juga di perangkat mobile ini memiliki pertumbuhan pengguna yang demikian cepat.

Permainan puzzle ini bahkan tercatat sudah dimainkan oleh sebanyak 132.445.185 pengguna hingga 30 Agustus 2013 sebagaimana hasil riset yang dilakukan oleh App Data. Pengguna tersebut paling tidak memainkan permainan ini sekali dalam satu bulan. Perkembangan ini boleh dikatakan cukup mengejutkan karena pada riset AppData Maret lalu, permainan Candy Crush Saga tercatat baru dimainkan oleh 40 juta pengguna. Dengan fakta ini, berarti pengguna permainan ini berkembang hingga tiga kali lipat dalam kurun waktu lima bulan.

Permainan ini pada awalnya dirilis Facebook bulan April 2012. Perusahaan King yang membuat permainan ini kemudian mengembangkan permainan ini untuk pengguna ponsel pintar iPhone dan Androis bulan November 2012.

Laporan jumlah pemain Candy Crush tersebut tentu merupakan kabar baik bagi perusahaan King karena perusahaan ini mempunyai rencana untuk menetapkan initial public offering (IPO) harga saham perdana pada publik. Menurut laporan The Wall Street Journal, proses IPO King di bursa saham Amerika Serikat sudah diserahkan pada bankir asal London, Inggris.

Perusahaan King memang berasal dari London, Inggris. Pada awalnya, perusahaan ini berdiri dengan nama Midasplayer bulan Agustus 2003 dengan enam orang pendiri yang memfokuskan diri pada produksi game untuk website. Nama King baru digunakan setelah perusahaan ini mendapatkan suntikan investasi dari Index Ventures dan Apax Partners pada bulan September 2005. Sejak saat ini pula, King mulai memproduksi game untuk beragam platform termasuk untuk perangkat mobile.

King sudah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dengan game yang laris manis di pasaran hingga mampu menyalip Electronic Arts (EA) dan Zynga dari segi jumlah pengguna game di Facebook.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *