Yang Punya Smartphone Android Wajib Tahu Tips Ini

By on July 19, 2015
1. Yang Punya Smartphone Android Wajib Tahun Tips Ini 1

Smartphone Android memang bukan barang baru lagi karena hampir semua orang saat ini mempunyai smartphone Android. Memang memiliki smartphone Android sangat mudah karena selain murah perangkat Android juga banyak tersedia di berbagai toko ponsel.  Walaupun ada banyak pengguna Android namun mereka banyak yang tak tahu fitur-fitur penting Android yang sangat berguna memaksimalkan kinerja ponsel mereka. Bahkan banyak fitur-fitur dasar juga jarang diketahui para pengguna smartphone.

Sebagian besar pengguna smartphone Android hanya sekedar “menggunakan” saja tanpa pernah mengekplorasi kemampuan dan fitur lain yang bisa memaksimalkan pengalaman menggunakan sebuah smartphone canggih. Untuk itu, agar pengguna Android tak dikatakan katrok karena hanya tahu dan hanya bisa memanfaatkan smartphone untuk BBM, chat, dan FB-an, maka sebaiknya para pengguna tahu hal-hal berikut ini.

Notifikasi dan Aplikasi Pembuka

Jika Anda melihat sebuah notifikasi pada bagian paling atas layar Anda, biasanya akan langsung dibuka dengan program bawaanya. Namun ada kalanya Anda mendapatkan notifikasi yang disertai oleh Link atau tautan. Jika Anda melihat link seperti ini jangan pernah membuka dengan WebView namun dengan aplikasi yang sesuai misalmya Chrome, Opera atau aplikasi browser lain yang terpercaya dan pastikan Anda membuatnya menjadi aplikasi pembuka secara default. Anda juga bisa masuk ke setting aplikasi dan cari nama aplikasi tersebut dan kemudian hapus centang pada Show Notification yang artinya Anda tak akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut lagi.

Mengubah Setting Update di Google Play

Ada kalanya Anda mendapati bahwa aplikasi yang ada pada smartphone Android melakukan update sendiri. Hal ini memang dibuat secara otomatis oleh Google dengan harapan mempermudah pengguna untuk selalu mendapatkan program yang terbaru tanpa harus selalu mengecek ketersediaan update.  Namun kadang hal ini membuat sewot lantaran menghabiskan kuota. Oleh sebab itu Anda bisa mematikan setting ini dengan cara masuk ke Google Play dan lihat ikon bergaris-garis sejumlah tiga garis. Sentuh pada ikon tersebut dan kemudian cari tulisan Auto Update Store dan centang pada Do Not Auto Update.

Mematikan Auto Correct yang menjengkelkan

Smartphone Android Anda selalu disetting default dalam bahasa Inggris dan hal ini otomatis juga mengaktifkan fitur autocorrect yang cenderung menyebalkan saat Anda sering menulis dalam bahasa Indonesia. Akibatnya huruf-huruf yang sudah Anda tekan yang muncul di layar adalah kata-kata bahasa Inggris. Oleh sebab itu matikan saja fitur autocorrect tersebut dengan cara masuk ke bagian setting, pilih Language and Input, pilih Google Keyboard, Text Corrections, pilih Auto Correction dan pastikan dalam posisi Off agar autocorrect tak muncul lagi di smartphone Android Anda.

Masih banyak lag fitur tersembunyi yang dimiliki oleh smartphone Android dan Anda bisa mengeksplorasinya. Jangan takut rusak karena Android mempunyai fitur memperbaiki diri sendiri ke mode default.

Smartphone Android

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *