Xiaomi Berhasil Kalahkan Samsung

By on February 21, 2015
Xiaomi-Logo

Sebagai penggemar gadget, tentu anda mengetahui jika Samsung merupakan produsen smartphone yang mencatatkan namanya sebagai produsen dengan tingkat penjualan smartphone terbesar di dunia. Walaupun begitu, sepertinya perusahaan asal Korea Selatan ini tidak boleh lengah, karena sang pesaing dari China, Xiaomi sedang bersiap diri untuk menyalip Samsung di tingkat Global.

Buktinya, sang pendatang baru yang sukses menjadi kuda hitam di pasar smartphone global tersebut akhirnya sukses menyalip tingkat penjualan smartphone Samsung yang selama ini menjadi jawara di Negeri Tirai Bambu tersebut. Meski ini masih belum tahap Global, tetap saja keberhasilan Xiaomi di China ini harus diwaspadai Samsung, terlebih produsen yang satu ini terkenal gesit dan agresif.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh IDC, ternyata sepanjang tahun 2014 kemarin, produsen smartphone ini mampu memperoleh market share sebanyak 12,5 persen untuk pasar China. Tingkat penjualan ini sendiri naik sebesar 5,3 persen jika dibandingkan dengan tingkat penjualan Xiaomi di tahun 2013 silam.

Dengan angka ini, secara otomatis posisi angka market share Xiaomi ditasbihkan sebagai yang tertinggi di pasar China untuk tahun 2014, sekaligus menggulung Samsung yang mengalami penurunan market share sampai dengan 22 persen. Tahun 2014 kemarin, produsen smartphone yang baru bersama dengan Microsoft ini hanya mendapatkan angka 12,1 persen.

Berdasarkan keterangan pihak IDC, Xiaomi sendiri mampu menjual smartphone mereka dalam jumlah besar karena produsen ini berani menawarkan produk smartphone dengan spesifikasi kelas atas dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak hanya itu, yeknik penjualan dengan cara Flash dan hanya fokus di Online pun disinyalir menjadi salah satu kunci Xiaomi mengungguli Samsung.

Xiaomi

Lantas, bagaimana dengan di tingkat global sendiri?

Dilansir dari laman Bloomberg. Lein Jun sebagai Chief Executive Officer Xiaomi, menyebutkan jika pihaknya sekarang sudah menempati posisi tiga besar sebagai perusahaan dengan penjual smartphone tertinggi di tingkat global. Dengan kata lain, bisa saja dalam satu hingga dua tahun, Xiaomi akan menempati posisi teratas, dengan catatan para kompetitor mereka tidak segera membuat gebrakan.

Selain Xiaomi, vendor asal China lainnya, yakni Lenovo, dilaporkan berhasil mendapatkan kenaikan market share sampai dengan 13,7 persen di pasar China jika dibandingkan dengan penjualan tahun 2013. Di tahun 2014 sendiri, perusahaan ini mampu mendapatkan market share sebesar 11,2 persen, sekaligus menempatkan dirinya di urutan ketiga di bawah Xiaomi dan Samsung.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *