Wifi Sering Dibajak, Amankan dengan Ini

By on July 15, 2015
2. Wifi Sering Dibajak, Amankan Dengan Ini 1

Wifi saat ini lebih menjadi pilihan yang lebih disukai saat seseorang membutuhkan koneksi yang cepat di rumah. Sata ini ada banyak sekali modem yang juga brfungsi sebagai Wifi dan biasa disebut dengan MiFi atau Mini WiFi. Fungsi alat ini adalah menyebarkan koneksi internet ke seluruh rumah hanya dengan satu alat saja. Opsi lain yang bisa dipergunakan adalah router yang mengubah internet kabel menjadi Wifi. Jangkauan wifi yang paling dekat adalah minimal 50 meter, namun ada juga yang bisa sampai 300 meter bahkan lebih. Oleh sebab itu kadang ada orang lain yang tak dikenal ikutan mempergunakan koneksi dari WiFi milik Anda dan wifi sering dibajak.

Hal tersebut membuat koneksi menjadi lambat karena harus berbagi dengan perangkat orang lain.  Tak hanya itu, jika internet Anda berbasis kuota, maka kuota internet Anda akan cepat habis. Oleh sebab itu jika WiFi atau MiFi Anda sering dibajak orang lain, maka amankan jaringan Anda. Tak hanya akan menghemat kuota namun juga meningkatkan kemanan data-data Anda. WiFi yang bisa diakses orang lain juga bisa dilakukan untuk mencuri data-data yang ada pada komputer atau perangkat yang tersambung denganya.

Untuk mengamankan Wifi Anda, maka Anda perlu membuka halaman setting router Anda (atau mifi) dengan cara buka browser Anda baik Chrome atau Firefox dan ketik “192.168.1.1” setelah memasukan alamat tersebut ke URL maka akan tampil form Login dan Password. Masukkan login dan password yang benar, sesuai dengan yang tertulis di belakang router atau pada buku panduan. Yang harus Anda lakukan adalah mengganti login dan password wifi Anda secara teratur, misalnya tiap tanggal 1 awal bulan password dan login name harus baru.

Dengan pergantian nama dan password, maka akses tanpa ijin pada Wifi Anda bisa dibatasi dan juga menambah kesulitan pembajak untuk mengaskes jaringan wifi Anda. Dengan demikian kejadian Wifi sering dibajak tak akan terjadi lagi. Kecuali Anda sendiri yang memberikan nama dan password tersebut.

Cara lain untuk melindungi WiFi Anda adalah dengan membuat filter MAC. Setiap perangkat smartphone, komputer, dan apapun  yang berkaitan dengan komputer, gadget dan internet pasti akan mmpunyai MAC address yang unik. Alamat MAC inilah yang harus Anda daftarkan ke router Anda agar mendapatkan ijin tersambung dengan WiFi.

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menginstal WiFi protector yang merupakan aplikasi pelindung WiFi dari pembajakan. Perlu diketahui saat ini banyak sekali program yang bisa dipergunakan untuk mengetahui login name dan juga password dari sebuah WiFi. Hanya dengan menjalankan program tersebut maka password dan nama login sudah bisa didapatkan. Oleh sebab itu, jika Anda tak ingin wifi sering dibajak, pergunakanlah software pelindung.

Wifi Sering Dibajak

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *