WhatsApp Siap Ucapkan Selamat Tinggal Pada BlackBerry

By on March 1, 2016
2. WhatsApp Siap Ucapkan Selamat Tinggal Pada BlackBerry 1

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang sangat terkenal di dunia. Penggunanya mencapai lebih dari 1 miliar. Namun, tampaknya, akhir tahun ini, sebagian dari mereka tidak akan mendapatkan lagi dukungan dari aplikasi populer ini. Hal ini disebabkan, pihak WhatsApp mengumumkan bila mereka tidak akan lagi menyediakan dukungan untuk beberapa sistem operasi untuk perangkat mobile.

Melalui blog resmi WhatsApp, terdapat 5 sistem operasi yang tidak akan lagi mendapatkan dukungan dari aplikasi ini. 5 Sistem operasi tersebut adalah:

  • Nokia S40.
  • Nokia Symbian S60.
  • Windows Phone 7.1.
  • Android versi 2.1 dan 2.2.
  • BlackBerry (semua versi termasuk OS terbaru mereka, BlackBerry 10).

Dari 5 sistem operasi tersebut, tentu yang paling mengejutkan adalah sistem operasi BlackBerry. BlackBerry beberapa tahun yang lalu dikenal sebagai raja dari dunia gadget. Bahkan, tidak afdol rasanya, bila pengguna gadget tidak memiliki perangkat BlackBerry.

Akan tetapi, popularitas OS BlackBerry semakin tahun semakin menurun. Hal ini tampak dari survei yang dilakukan oleh Survei.com dan Score MobiLens tentang jumlah pengguna BlackBerry per Desember 2015 yang lalu. Menurut survei ini, mereka menemukan bila jumlah pengguna OS ini hanya tersisa 0,9 persen saja.

Survei dari Strategy Analytics bahkan menemukan hal yang lebih mengejutkan lagi. OS BlackBerry ternyata kalah populer dengan OS Tizen, sebuah OS berbasis Linux yang dibuat oleh Samsung. OS ini bahkan menempati urutan ke-4 di daftar OS paling diminati, dibawah Android, iOS dan Windows Phone. Mungkin hal inilah yang menjadi pertimbangan WhatsApp untuk tidak lagi memberikan dukungan untuk OS BlackBerry.

Hal diatas juga sesuai dengan misi dari WhatsApp. Mereka ingin berkonsentrasi pada sistem yang saat ini masih banyak digunakan. Menurut blog dari WhatsApp, keputusan ini diambil karena OS lama tersebut tidak dapat lagi mendukung aplikasi ini untuk lebih berkembang di masa depan.

Di lain sisi, bila pihak WhatsApp masih menyediakan dukungan untuk OS lama tersebut, juga tidak akan menguntungkan mereka. Dengan kecepatan perkembangan teknologi di dunia gadget saat ini, akan ada OS baru yang lebih sempurna dan lebih baik. OS dan gadget-gadget baru ini juga lebih terjangkau, yang artinya akan banyak pengguna gadget yang meninggalkan OS lama tersebut.

Pihak WhatsApp sendiri menyarankan untuk para pengguna perangkat serta OS lama tersebut untuk beralih ke OS dan perangkat yang lebih baru, misalnya Android, iPhone dan Windows Phone. Setidaknya sebelum akhir tahun ini, mereka dapat melakukannya hingga WhatsApp menghentikan semua dukungan untuk OS lama tersebut. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk para pengguna, karena perangkat dan OS baru ini jelas lebih baik dari yang lama.

WhatsApp

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *