WhatsApp Jamin Tidak Akan Ada Iklan Meski Diakuisisi Facebook

By on February 20, 2014
WhatsApp

Ada satu berita mengejutkan dari salah satu sosial media yang paling banyak digunakan saat ini.  Facebook rupanya kembali membuat gebrakan baru sekaligus sensasi yang fenomenal dengan mengakuisisi aplikasi WhatsApp, dengan harga yang sangat fantastis.

Jika ditotalkan, akuisisi WhatsApp yang dilakukan oleh Facebook ini bernilai USD 19 miliar dengan rincian USD 4 miliar secara cash dan USD 12 miliar dalam bentuk saham serta USD 3 miliar untuk hal-hal lain.

Tetapi setelah Facebook berhasil mengakusisi WhatsApp, muncul beberapa pertanyaan yang salah satunya adalah apakah nantinya akan muncul iklan yang menjengkelkan?

Berdasarkan informasi dari Android Community, Jam Koum yang merupakan CEO WhatsApp menjelaskan bahwa tidak akan ada perubahan yang akan terjadi pada WhatsApp.

Koum juga menyebutkan bahwa meskipun sudah diakuisisi oleh Facebook, tetapi WhatsApp tetap akan beroperasi dengan normal seperti biasanya. Rincian biaya yang telah ditetapkan untuk layanan kantor WhatsApp sampai dengan berbagai fitur di dalamnya akan tetap sama seperti sebelumnya ketika WhatsApp belum diakuisisi oleh situs jejaring buatan  Mark Zuckerberg tersebut.

Langkah pembelian yang fantastis terhadap WhatsApp yang dilakukan oleh Facebook dengan nilai USD 16 miliar atau sekitar Rp 192 triliun ini membuat terkejut banyak pengamat gadget serta  aplikasi ponsel di Indonesia. Sungguh sangat Luar biasa, 450 juta pengguna aktif Whatsapp rupanya masing-masing dihargai Rp 500 ribu oleh pihak Facebook, kata Kendro Hendra yang merupakan salah seorang pengamat gadget.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apa kontribusi dari pengguna Whatsapp supaya bisa menghasilkan Rp 500 ribu selama memakai aplikasi tersebut. Berapa ratus atau juta iklan yang harus saya klik?

Menurut pendapat dari Managing Director dari PT Skye Sab Indonesia itu, jika hanya ingin mengandalkan annual subscription sebesar USD 0,99 per tahunnya maka setidaknya mebutuhkan waktu sekitar 50 tahun untuk mengembalikan investasi yang telah ditanamkan Facebook ketika membeli Whatsapp. Selain itu juga, Whatsapp telah berjanji untuk tetap tidak akan menempelkan iklan dalam pelayanan messagingnya.

Tetapi menurut Kendro, selama saham Facebook masih terus naik, maka harga yang tinggipun  tidak menjadi masalah yang besar bagi Mark Zuckerberg selaku pembeli.Tetapi kenyataannya adalah saat ini saham dari Facebook justru telah turun 5 persen. Seperti yang diketahui, sebagai bagian rencana dari upaya mendominasi pasar layanan pesan di web dan seluler maka pihak Facebook mengakuisisi WhatsApp dengan nilai USD 16 miliar.

WhatsApp adalah sebuah perusahaan mobile messaging antar platform yang belakangan ini  tumbuh dengan pesat. Untuk Saat ini, setiap bulannya lebih dari 450 juta orang telah menggunakan layanan WhatsApp. 70 persen dari para pengguna aktif  tersebut menggunakan WhatsApp  setiap hari.

WhatsApp-Mencetak-Rekor-Baru-27-Miliar-Pesan-Dalam-Satu-Hari-2

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *