Waspadai HeartBleed di BBM Ponsel Anda

By on April 15, 2014
3. Waspadai HeartBleed di BBM Ponsel Anda. 2

Beberapa waktu belakangan ini dunia internet sedang dihebohkan dengan adanya bug HeartBleed yang dicurigai dipergunakan oleh pembuatnya untuk mencuri data seperti login name, password, dan juga data-data kartu kredit.  Banyak pihak menganggap serangan Heartbleed ini sebagai ancaman serius, apalagi sebagian besar yang terserang adalah media sosial seperti BBM, Facebook, dan lainnya. Oleh sebab itu Anda harus waspadai HeartBleed di BBM ponsel Anda.

Dilaporkan bahwa HeartBleed adalah serangan pada keamanan situs yang mempergunakan protokol OpenSSL yang dipergunakan untuk mengenkripsi data pengguna. Bug atau celah keamanan ini sangat berbahaya karena bisa dipergunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data walau keamanan situs tersebut telah terenkripsi dengan baik yang ditandai dengan gambar “gembok” dan atau prefiks “https” pada alamat URLnya.

BBM adalah aplikasi yang harus paling diwaspadai karena laporan menyebutkan bahwa bug HeartBleed ini ditemukan pada BBM, baik BBM pada android dan juga iOS.  Sementara untuk BBM dari Blackberry tidak begitu terpengaruh. Wakil Presiden Blackberry menyatakan bahwa sebagian besar aplikasi Blackberry untuk ponsel mereka sendiri aman dan tidak terpengaruh namun aplikasi untuk platform lain sangat rentan terkena dampak HeartBleed ini.

hearbleed, online games, virus bbm, ponsel, the heartbleed bug

Empat aplikasi Blackberry untuk platform lain yang harus mewaspadai HeartBleed antara lain adalah BBM untuk iOS dan Android, Secure Work Space untuk iOS dan Android, BlackBerry link untuk Windows dan Blackberry Link untuk MacOS. Hal ini berarti bagi Anda yang mempergunakan perangkat dari Blackberry, Anda aman namun bagi  yang tidak maka perlu ada tindakan segera untuk mengamankan login dan password dan data Anda.

Sementara itu dihimbau waspadai HeartBleed di BBM ponsel Anda dengan cara melakukan scan tapi bukan dengan anti virus melainkan dengan HeartBleed detector yang saat ini sudah banyak beredar. Jika terbukti ponsel Anda terkenan HeartBleed maka disarankan ganti semua password yang pernah Anda masukkan lewat ponsel tersebut seperti password untuk mobile banking, Facebook, Twitter, dan semua email Anda. Hal ini harus Anda lakukan untuk menimalis kerugian jika semua password Anda tersebut sudah tercuri oleh karena bug HeartBleed tersebut.

Pihak Blackberry, berkaitan dengan aplikasi buatanya yang rentan terhadap HeartBleed, sedang berusaha menambal kebocoran tersebut dan memperbaharui dua aplikasi mereka yaitu BlackBerry Messenger dan Secire Work Space yang sangat penting untuk pengamanan email korposari. Dengan pembaharuan ini maka peretas akan kesulitan menembus sistem keamanan BlackBerry.

Walaupun begitu tak salah jika Anda waspadai HeartBleed di BBM ponsel Anda karena kalau tidak bisa-bisa Anda akan merugi karena data-data penting Anda tercuri. Saat ini hampir semua perusahaan teknologi seperti IBM, Intel, Oracle, Red Hat dan lainnya sedang berusaha mencari penambal bug HeartBleed ini.

hearbleed, online games, virus bbm, ponsel, the heartbleed bug

BACA JUGA:

Perhatikan Apakah Smartphone Anda Kebal Bug “Heartbleed”?

Twitter Akan Hadir Dengan Tampilan Baru

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *